Makanan Khas Lampung Yang Makin Bikin Kangen

Fikrirasy.id – Apa saja Makanan Khas Lampung Yang Makin Bikin Kangen dan ingin segera mencicipi setelah mengetahui namanya? Untuk mencari tahu semua jenis makanan tersebut, sebaiknya simak listicle berikut ini Guys.

Berbicara soal makanan khas nusantara, Lampung juga termasuk wilayah yang kaya akan sajian khas yang bisa bikin kamu makin kangen dengan tempat ini. Jadi jangan sampai melewatkan semuanya sesampainya di Lampung.

Nah supaya kamu tidak melewatkan makanan tersebut, simak sejumlah makanan khas Lampung di bawah agar kamu mengetahui namanya ketika hendak mencicipi kuliner khas tersebut.

Makanan Khas Lampung

Berikut makanan khas Lampung yang perlu kamu cicipi saat berkunjung ke salah satu tempat di wilayah ini:

1. Seruit

Jika kamu menghadiri sebuah acara keluarga di Lampung, mungkin saja kamu bakal menerima sajian makanan khas Lampung bernama seruit yang satu ini. Penduduk lokal bisanya menyajikannya tatkala terdapat acara seperti pernikahan, acara keagamaan dan bahkan di acara adat setempat.

Seruit, memang terdengar aneh. Namun saya yakin kamu pernah mengkonsumsi makanan ini sebelumnya, karena terbuat dari bahan dasar ikan. Pengolahan-nya pun sangat tradisional sekali Guys, yaitu dengan cara di bakar bersama dengan sambal terasi khas Bandar Lampung.

Tak cuma itu saja, sebagian besar penduduk lokal juga kerap memanfaatkan tempoyak dan mangga untuk menambah kenikmatan pada makanan khas tradisional Lampung ini. Saya yakin, kamu akan ketagihan ketika mencicipi makanan ini secara langsung.

2. Geguduh

Geguduh merupakan makanan khas Lampung kedua yang termasuk dalam kue tradisional. Nah ketika kamu berkunjung ke Lampung, tentu saja akan terasa kurang jika tak coba mencicipi hidangan kue yang satu ini. Jika perlu, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh setelah berwisata kuliner di Lampung.

Kue tradisional yang dikenal akrab sebagai Geguduh ini merupakan sajian hasil olahan pisah Guys. Proses pembuatan kue ini yakni pisang yang dihaluskan sampai benar-benar halus.

Sementara itu, makanan ini bisa kamu temui di berbagai warung kue atau langsung di penduduk lokal ketika terdapat suatu acara hunian dalam skala besar. Penduduk Lampung sengaja membuat banyak porsi untuk menjamu semua tamu yang hadir pada saat itu.

Nah, jika kamu punya keluarga yang tinggal di Lampung, tentu saja kamu bisa mencicipi Geguduh ini tanpa harus bayar, ya kan. Bahkan kamu juga bisa belajar membuat Geguduh khas lampung sendiri disana.

3. Umbu

Umbu, merupakan jenis makanan khas Lampung yang tergolong sangat unik. Namun, unik dalam hal ini bukan dari namanya Guys, tetapi justru dari bahan dasar yang berperan dalam kuliner ini. Hemm, kira-kira apa ya? Rotan muda, merupakan bahan dasar yang selalu berguna dalam proses pembuatan Umbu.

Baca Juga:  Makanan Khas Daerah Jawa Barat

Sementara itu, proses pembuatan Umbu ini sangat mudah yakni dengan cara merebusnya sampai benar-benar lunak. Meskipun tergolong mudah dibuat, tetap saja Umbu tidak mudah buat kita temui, karena faktor ketersediaan bahan dasar yang memang tak mudah buat kita jumpai.

Umbu sebagai salah satu makanan khas lampung yang unik ini masuk dalam kategori sayuran seperti halnya osen. Namun penduduk lokal juga kerap menjadikan umbu sebagai sajian lalapan sehari-hari.

4. Gabing

Gabing mungkin terdengar aneh, namun dalam kenyataannya ini masuk dalam makanan khas Lampung selanjutnya yang berbahan dasar batang kelapa muda. Kamu pasti belum pernah mencicipi makanan yang satu ini kan? Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu apa itu Gabing.

Sajian khas ini merupakan hasil olahan batang kelapa muda. Prosesnya sangat sederhana, yaitu batang kelapa mudah di iris dengan bentukan lempengan kecil dan memanjang. Selanjutnya, penduduk lokal biasanya merebusnya bersama bumbu rempah-rempah, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan unik.

5. Keripik Pisang

Memang namanya sudah tak asing lagi, bahkan keripik pisang sangat mudah kamu temui di berbagai wilayah kamu tinggal. Namun kamu harus tahu satu hal bahwa umumnya keripik pisang ini terbuat dari bahan dasar pisang dengan rasa manis saja. Iya kan.

Nah, untuk keripik pisang khas lampung ini berbeda guys. Karena kamu bisa menemukan aneka rasa yang membuat keripik pisang ini semakin gurih buat di konsumsi kapan saja saat sedang bersantai. Keju, sapi panggang, cokelat, buah strawberry dan macca adalah beberapa aneka rasa yang kerap melekat pada makanan khas lampung satu ini. Nah ketika kamu bisa menikmati keripik dengan segudang rasa tersebut, tentu membuat lidah mu makin kangen dan tak rela buat berhenti mengkonsumsinya, ya Kan.

Baca Juga: Makanan Khas Bali Kekinian yang Bikin Penasaran

Bagaimana menurut mu terkait semua makanan khas Lampung di atas. Pernah kah kamu mengkonsi salah satu hidangan di atas sebelumnya? Demikian ulasan dari Fikrirasy.id yang bisa kamu baca hari ini. Nantikan update artikel terbaru lainnya dari situs ini yang tentunya tak kalah menarik, sampaiĀ  jumpa.