4 Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib kamu Nikmati

Fikrirasy.id – Kota pelajar, ternyata juga punya Makanan Khas Yogyakarta yang terdiri dari beberapa jenis. Semuanya sangat populer dan banyak di konsumsi. Apakah kamu tahu apa saja makanan Khas tersebut? Simak lah review kita kali ini.

Perjalanan ke kota pelajar Jogja (Yogyakarta) tentu saja tidak akan pernah lengkap tanpa kamu mencicipi beberapa makanan khas kota yang begitu lezat ini.

Ternyata Selain gudeg, masih terdapat banyak lagi kuliner khas kota Jogja yang bisa kamu sekarang juga. Tentu saja, semuanya akan menambah keruan diri kamu sendiri ketika berkunjung ke sana.

Tentu tidak lazim kan jika kamu tidak mencicipi makanan Khas Yogyakarta ketika melakukan perjalanan ke salah satu tempat di wilayah ini.

Perut yang kenyang bisa menjadikan tenaga kembali ke kondisi terbaik. Nah ketika hal itu terjadi, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi wisata di tempat lain. Oleh karena itu, selain menikmati keindahan wisata, kamu juga berkesempatan mencicipi sajian khas Jogja.

Tak cuma substansial keuangannya saja yang cocok buat kamu, tetapi kamu bisa menentukan sendiri jenis makanan khas Yogyakarta yang akan kamu nikmati saat bersantai di Jogja. Tentu saja, hal ini membuat banyak orang tak rela berkunjung ke wilayah Yogyakarta.

Banyak jenis hidangan yang bakal kamu temui setelah sampai di lokasi. Hal itu justru membuat kamu merasa bingung untuk menentukan makanan khas tersebut.

Jadi, ketika kamu tidak mengenal apa saja makanan khas dari wilayah tersebut, coba lah simak beberapa makanan khas Yogyakarta yang sudah saya rangkum berikut ini.

Makanan Khas Yogyakarta

Punya rencana berkunjung ke Jogja, jangan lupa cicipi beberapa makanan khas Yogyakarta berikut ini:

1. Gudeg

Saya yakin bahwa sebelumnya kamu pernah mencicipi makanan khas Yogyakarta yang satu ini.

Gudeg sendiri merupakan hidangan tradisional asal Yogyakarta yang hingga kini masih mengundang minat banyak masyarakat.

Bahan dasar yang ikut mendukung lauk pauk Gudeg adalah buah nangka muda. Sementara itu, proses pembuatan gudeg sendiri tergolong mudah yakni direbus bersama santan.

Memang sekilas masakan ini mirip dengan gulai nangka. Namun, tentu saja berbeda Guys. Terutama dari sisi warna yang selalu cokelat pekat akibat dari penggunaan daun jati pada saat proses perebusan.

Apakah kamu tahu? Gudeg sampai detik ini masih sangat populer. Bahkan, sebagian besar orang suka mengonsumsinya dalam sehari-hari.

Selain enak, Gudeg saat mudah buat kamu dapatkan di berbagai wilayah pedesaan dan bahkan di Ibu Kota Jakarta.

Baca Juga:  Makanan Khas Riau Paling Enak dan Terkenal

Meskipun banyak di jajakan di berbagai wilayah, kualitas rasa Gudeg tak beda jauh dari Gudeg asli khas Yogyakarta.

2. Bakpia

Kalau Makanan Khas Yogyakarta ini masuk dalam kategori jajanan oleh-oleh. Ini kesempatan besar buat kamu untuk membelinya ketika berkunjung ke kota pelajar.

Bakpia, merupakan oleh-oleh dan juga makanan khas Yogyakarta yang sampai detik ini masih sangat populer. Bahkan, ini adalah jajanan legendaris paling khas.

Apakah kamu tahu, Makanan ini sudah ada setelah kemerdekaan yakni tahun 1948. Itu lah mengapa saya berkata bahwa ini adalah oleh oleh yang sangat legendaris.

Banyak jenis Bakpia yang bisa kamu beli langsung di Yogyakarta. Namun, ketika tujuannya sebagai oleh-oleh setelah berwisata kuliner, sebaiknya pilih Bakpia kering agar tetap bisa bertahan selama perjalanan pulang.

3. Yangko

Tanpa berkunjung ke Jogja, mungkin kamu tidak akan pernah mengenal makanan khas Yangko. Hal ini karena memang kue khas ini sangat jarang di jual belikan.

Yangko, merupakan kuliner khas yang tampak mirip dengan Mochi. Nah, jika kamu suka dengan kudapan kenyal dan manis, maka Yangko bisa menjadi salah satu hidangan baru untuk keluarga.

Agar bisa mencicipi makanan khas Yogyakarta yang satu ini, hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan yakni berkunjung ke toko oleh-oleh di Jogja.

Salah satu toko oleh-oleh yang menjajakan Yangko di Jogja adalah Yangko Pak Prapto. Kamu bisa langsung datang ke toko ini dan membeli sebanyak yang kamu inginkan.

4. Geplak

Pernah kah kamu berkunjung ke kota Bantul Yogyakarta? Jangan lupa guys, cicipi Geplak khas dari daerah aslinya.

Geplak merupakan makanan ringan yang di buat dengan perpaduan antara gula dan parutan kelapa. Rasanya yang khas, berbentuk bulat dan dipadu dengan aneka warna justru membuat Geplak menjadi populer di wilayahnya.

Jika kamu ingin mencicipi makanan ringan ini, sekarang kamu tak perlu lagi berkunjung ke Jogja. Banyak warung-warung yang saat ini menjajakan Geplak dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Barat yang perlu kamu Nikmati

Demikian review dari Fikrirasy.id terkait makanan Khas Yogyakarta kali ini. Jika kamu suka dengan informasi yang baru saja kamu  baca, harap bagikan artikel ini ke orang lain, sampai jumpa.