Makanan Khas Daerah Jawa Barat

Fikrirasy.id – Hampir setiap wilayah memiliki makanan unik dan khas, termasuk pula Makanan Khas Daerah Jawa Barat ini yang patut kita ketahui sekarang juga.

Jawa Barat yang mayoritas penduduknya terdiri dari suku Sunda ini juga memiliki sajian khas yang tak pernah dilupakan oleh masyarakat sekitar provinsi tersebut.

Mungkin kamu sudah pernah menikmati makanan asal Jawa Barat sebelumnya. Baik itu makanan yang bisa bikin perut kenyang atau bahkan jajanan ringan yang bisa kamu nikmati bersama teman ketika sedang bersantai.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar tentang makanan yang sudah dikonsumsi pada saat itu. Sehingga, dalam pertemuan ini, kita akan mencari tahu apa saja makanan Khas daerah Jawa Barat tersebut. Selanjutnya, kembali ke masa lalu, dan ingat kembali apakah kamu pernah mengkonsumsi sebelumnya?

Pada dasarnya, apa pun jenis makanan dan asal usulnya, sekarang ini sudah bisa kamu nikmati di hampir setiap sudut wilayah. Tetapi jika kita berbicara tentang kualitas rasa, tentu saja sudah berbeda jauh ya Guys. Oleh karena itu, untuk menikmati makanan khas yang asli, maka kamu perlu datang langsung ke wilayah Jawa Barat.

Tidak harus memiliki saudara di Jawa Barat pun kamu bisa berkunjung ke provinsi tersebut kapan saja. Caranya yaitu dengan berwisata ke tempat terkenal di sekitar lokasi tersebut. Saya yakin, dengan cara ini, kamu akan menemukan banyak makanan khas dearah Jawa Barat di sana.

Apa lagi bandung, yang mana terdapat wisata terkenal bernama Warung kopi Cikole. Kamu bisa juga kok berkunjung ke tempat ini untuk menemukan makanan khas daerah Jawa barat.

Kamu bisa memanfaatkan waktu libur dengan berkunjung ke tempat ini, dan mencari apa saja hidangan khas yang terdapat di warung kopi tersebut. Apakah tersedia dalam daftar makanan khas daerah jawa barat di bawah ini atau justru tidak rumah makan tersebut tidak menyediakan makanan khas yang kamu cari saat ini.

Makanan Khas Daerah Jawa Barat

Punya rencana untuk berkunjung ke Bandung? Jangan lupa mencicipi makanan Khas daerah Jawa Barat berikut ini:

1. Lotek

Ketika mendengar kata Lotek, banyak orang menganggap bahwa itu adalah Nasi pecel dari provinsi jawa timur. Namun secara fakta, keduanya tidak seperti yang kamu pikirkan, terutama ketika mengamati kedua hidangan tersebut dengan cermat..

Perbedaan antara kedua makanan khas jawa tersebut dapat kamu lihat pada bahan dasar yang ikut menyertai makanan khas ini. Memang tampak mirip, tetapi Lotek memiliki tambahan bahan dasar yakni kerupuk serta bakwan yang sangat khas dari Jawa Barat.

Baca Juga:  Makanan Khas Lampung Yang Makin Bikin Kangen

Perbedaannya tak cuma itu saja lho Guys. Kamu bisa menemukan perbedaan yang berpengaruh pada kualitas rasanya yakni bumbu yang ikut menyertai makanan khas Jawa Barat ini. Terasi dan Bawang putih, adalah bumbu yang selalu berperan menambah kelezatan Lotek asli Jawa Barat.

Nah ketika kamu berwisata ke kota Bandung, tidak ada salahnya kan mencari hidangan Lotek. Selain enak, harganya pun sangat ramah kantong. Sehingga tak perlu khawatir dengan pemborosan.

2. Batagor Bandung

Makanan Khas lainnya yang juga sangat identik dengan Jawa Barat adalah Batagor Bandung. Mungkin kamu pernah mengkonsumsi batagor sebelumnya. Apa lagi, hidangan ini sudah tersedia dan mudah kamu jumpai di berbagai wilayah, termasuk pula jawa timur dan jawa tengah. Namun, ketika bicara soal rasa, tetap saja Batagor Bandung lebih unggul karena lebih nikmat dan asli.

Bahan dasar yang ikut berperan dalam Batagor bandung ini adalah Bakso tahu goreng. Itu lah mengapa, muncul sebutan nama Batagor yang merupakan singkatan dari perpaduan bahan dasar makanan ini.

Kedua bahan akan di olah menjadi satu yang selanjutnya di goreng sampai matang dan renyah. Nah, ketika bahan sudah matang, penyajian batagor di Jawa barat ini sangat khas banget Guys, yaitu dengan di siram dengan saus kacang dan di dukung dengan beberapa bumbu pelengkap lainnya.

3. Seblak

Meskipun Seblak baru saja di kenal masyarakat, makanan khas daerah jawa barat ini mampu mengalahkan hidangan lainnya lho Guys. Terutama di tahun lalu,yang mana tingkat konsumsi untuk makanan pedas ini meningkat drastis.

Ciri-ciri utama dari makanan ini yaitu pedas. Dan seperti yang kita tahu bahwa warga 62 memang suka dengan makanan pedas. Namun tak cuma pedas saja yang bikin Seblak menjadi populer. Perpaduan antara rasa asam, asin dan gurih ini yang membuat seblak mampu mengalahkan makanan khas lainnya.

Seblak, selain enak juga memenuhi nutrisi yang baik untuk asupan tubuh kita. Hal itu karena makanan ini terbuat dari perpaduan antara ceker ayam, sosis, telur, sayuran dan dilengkapi pula dengan kerupuk untuk menambah rasa gurih pada hidangan ini.

Karena rasanya begitu pedas, maka Seblak lebih cocok jika kita konsumsi di pedesaan yang bercuaca dingin. Namun saat ini, banyak yang menjajakan seblak, terutama di berbagai sudut kota di Jakarta.

Baca Juga: Ide Nama Usaha Makanan Unik, Islami, dan Bermakna

Demikian ulasan dari Fikrirasy.id tentang Makanan Khas Daerah Jawa Barat hari ini, jangan lupa nantikan update kuliner terbaru lainnya Guys, sampai jumpa.