6 Jenis Operasi Wasir Dan Apa Saja Pilihannya

Fikrirasy.id6 Jenis Operasi Wasir Dan Apa Saja Pilihannya. Wasir atau ambeien adalah pembuluh darah vena yang membesar yang bisa di bagian dalam, artinya berada di dalam rektum, atau di luar, artinya berada di luar rektum.

Sesuai dengan American Culture of Colon and Rectal Specialists (ASCRS), diet tinggi serat dan minum sekitar 8 hingga 10 gelas air setiap hari umumnya dapat membantu mengawasi efek samping dengan meningkatkan tinja halus dan kotoran padat biasa.

Kadang-kadang, seseorang mungkin juga harus menggunakan kondisioner tinja untuk mengurangi stres selama keputihan, karena stres dapat memperburuk wasir.

Namun, bagi orang-orang tertentu strategi-strategi di atas tidaklah cukup. ASCRS memperkirakan bahwa di bawah 10% kasus ambeien memerlukan tindakan medis, namun hal ini mungkin diperlukan pada saat ambeien luar atau prolaps ternyata terlalu terganggu, tercemar, atau sebaliknya jika menimbulkan masalah.

Prosedur medis ambeien aman dan efektif lebih sering daripada tidak, tetapi seseorang sebenarnya perlu makan makanan berserat tinggi, mencegah penyumbatan, dan menangani bagian belakang untuk mencegah wasir baru. Memang, ada beberapa jenis pengobatan ambeien, konsultasikan dengan dokter perawatan primer Anda mana yang terbaik untuk Anda.

Jenis operasi wasir

Prosedur medis untuk wasir dapat dibagi menjadi teknik yang tidak terlalu sulit, jangka pendek, dan tidak terlalu mengganggu yang dapat dilakukan tanpa sedasi dan prosedur medis yang lebih membingungkan.

Bergantung pada keseriusan efek samping Anda dan apakah ada kerumitan, PCP Anda akan memutuskan apakah Anda menginginkan prosedur medis dan jenis prosedur medis terbaik.

Keseriusan wasir diperintahkan oleh nilai-nilai ini:

  • Derajat 1 : Tidak ada prolaps (wasir belum keluar dari pantat).
  • Derajat 2: Prolaps yang muncul dari pantat bisa kembali sendiri.
  • Grade 3: Wasir yang muncul dari bagian belakang dapat dikembalikan dengan jari.
  • Derajat 4: Wasir yang muncul dari bagian belakang tidak dapat didorong dengan jari dan menyebabkan rasa sakit.

Operasi tanpa anestesi

Tindakan medis ambeien semacam ini dapat dilakukan di fasilitas atau kantor spesialis tanpa obat penenang.

1. Ligasi

Ligasi pita elastis, ligasi wasir, atau pengikatan adalah teknik untuk mengobati wasir bagian dalam yang serius hingga tingkat 3. Metodologi ini mencakup penggunaan pita ketat di sekitar dasar wasir untuk menghilangkan suplai darahnya, mengacu pada Healthline.

Ligasi wasir biasanya membutuhkan setidaknya dua strategi yang terjadi sekitar dua bulan terpisah. Ini tidak menyiksa, namun Anda mungkin merasakan ketegangan atau ketidaknyamanan ringan.

Metode ini tidak disarankan untuk orang yang menggunakan pengencer darah karena tingginya risiko kebingungan pengeringan. Biasanya ada waktu penyembuhan yang dapat diabaikan. Sesekali, kerumitan tak terduga bisa terjadi seperti siksaan dan penyakit.

2. Skleroterapi

Dirinci oleh WebMD, spesialis akan memberikan infus yang menanamkan zat ke dalam jaringan wasir. Zat sintetis ini juga memotong aliran darah ke wasir dan mengobatinya. Anda mungkin harus melakukan ini seperti jarum jam sampai wasir benar-benar hilang.

Anda mungkin merasakan sedikit siksaan atau ketegangan yang luar biasa beberapa saat kemudian, namun penyakit itu menarik. Dengan pengobatan ini, wasir sering kembali dalam beberapa tahun.

3. Terapi koagulasi

Perawatan koagulasi atau fotokoagulasi inframerah menargetkan wasir dalam kelas 1 hingga 3. Metodologi ini menggunakan sinar inframerah, intensitas, atau dingin yang luar biasa untuk menyebabkan ambeien menarik dan berkontraksi.

Metodologi ini dilakukan di fasilitas atau kantor spesialis, dan umumnya digabungkan dengan anoskopi. Anoscopy adalah strategi persepsi ketika gelar tertanam pasangan merayap ke dalam rektum.

Baca Juga:  Retinopati Diabetik dan Komplikasi Diabetes yang Mengancam Penglihatan

Pada umumnya, obat-obatan koagulasi tidak menimbulkan banyak efek samping dan menyebabkan sedikit penderitaan. Meskipun demikian, wasir pasti akan sembuh dengan perawatan ini daripada dengan ligasi.

4. Ligasi arteri hemoroid

Ligasi rute suplai hemoroid (HAL), atau disebut dearterialisasi hemoroid transanal (THD), adalah satu lagi pilihan untuk menghilangkan hemoroid grade 2 atau 3.

Strategi ini membedakan vena yang menyebabkan wasir menggunakan ultrasound dan ligating, atau penutupan, vena.

Penelitian menunjukkan teknik ini mungkin sama menariknya dengan metode hemoroidektomi biasa, namun lebih menonjol, namun mencakup lebih sedikit penderitaan pascaoperasi.

Operasi dengan anestesi

Untuk prosedur medis semacam ini, Anda harus pergi ke klinik dan mendapatkan obat penenang.

5. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi digunakan untuk wasir derajat 3 sampai 4, wasir luar yang besar, wasir dalam yang sudah prolaps, atau yang tidak menjawab pengobatan yang tidak hati-hati.

Obat penenang yang digunakan mungkin sedasi penuh, sedasi, atau sedasi tulang belakang seperti infus epidural selama kelahiran. Setelah diberi obat penenang, dokter akan memotong.

Ketika aktivitas selesai, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan untuk persepsi singkat. Setelah kelompok klinis yakin bahwa tanda-tanda esensial stabil, Anda dapat kembali ke rumah.

Siksaan dan penyakit adalah kemungkinan yang paling dikenal luas terkait dengan hemoroidektomi. Sebenarnya ada berbagai macam hemoroidektomi. Ini berfluktuasi dalam bagaimana spesialis bergerak menuju metodologi dan beberapa mungkin termasuk lebih banyak penderitaan pasca operasi daripada yang lain.

Sebagian besar, kejengkelan berlangsung selama sekitar beberapa minggu setelah prosedur medis.

6. Hemoroidopeksi

Hemorrhoidopexy, di sana-sini disinggung sebagai stapler, biasanya diperlakukan sebagai prosedur medis dadakan di klinik, dan memerlukan sedasi umum, teritorial, atau lingkungan.

Stapler hati-hati digunakan untuk mengobati wasir prolaps, yang bisa untuk wasir tingkat 3 sampai 4. Stapler hati-hati memperbaiki wasir yang prolaps sekali lagi ke tempat yang tepat di rektum dan memotong suplai darah sehingga jaringan akan mengerut dan diserap kembali.

Penyembuhan dari teknik ini memerlukan beberapa investasi dan tidak terlalu menyiksa dibandingkan penyembuhan dari hemoroidektomi. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang memerlukan beberapa investasi untuk omong kosong setelah strategi ini, dan memiliki lebih sedikit cedera yang tidak pulih setelah sebulan. Namun, ada juga bukti peningkatan berulang dan kecepatan prolaps wasir.

Pascaoperasi

Siksaan adalah keluhan yang paling terkenal, terutama selama pembuangan padat. Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti acetaminophen, obat sakit kepala, atau ibuprofen sebagaimana dikoordinasikan oleh dokter perawatan primer Anda. Menyerap air hangat juga dapat membantu. Selain itu, kondisioner tinja juga dapat bekerja dengan buang air besar.

Prosedur medis wasir sangat normal dan dianggap aman. Namun, setiap aktivitas memiliki beberapa bahaya. Ini dapat mencakup kematian, penyakit, dan respons terhadap sedasi.

Anda mungkin mengalami masalah buang air kecil setelahnya karena pembesaran atau kecocokan otot.

Dengan asumsi sfingter pantat-sentris terluka selama prosedur medis, Anda mungkin mengalami inkontinensia limbah.

Hubungi PCP Anda segera jika:

  • Menghadapi satu ton kematian.
  • Tidak layak untuk buang air besar atau kecil.
  • Sedang demam.

Ada berbagai macam prosedur medis ambeien. Beberapa bersifat jangka pendek, dapat diabaikan, dan tidak memerlukan sedasi, sementara yang lain memerlukan rawat inap dan sedasi dan akan memerlukan pemulihan pascaoperasi.

Spesialis akan memutuskan jenis dan tingkat keparahan wasir yang Anda miliki dan memutuskan pengobatan terbaik.

Jika Anda menginginkan tindakan medis dengan obat penenang, ada obat-obatan dan hal-hal non-narkoba yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Leave a Comment