5 Nutrisi Penting untuk Kulit Sehat dan Glowing

fikrirasy.id – 5 Nutrisi Penting untuk Kulit Sehat dan Glowing. Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya tentunya menjadi impian banyak orang. Namun, untuk kulit yang sehat, tidak sedikit orang yang hanya fokus pada perawatan luar saja, misalnya dengan mengaplikasikan perawatan kulit secara rutin. Perawatan dari dalam juga penting, sebenarnya.

Gaya hidup yang sehat, seperti mengatur pola makan dan jadwal olahraga harian, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang sehat. Untungnya ada beberapa suplemen yang diketahui dapat mengembangkan kesehatan kulit lebih lanjut.

Mudah didapatkan dari makanan sehari-hari, berikut ini adalah daftar suplemen yang harus dipenuhi agar kulit lebih baik dan bersinar. Sangat mudah, sungguh!

1. Protein

Protein dikenal sebagai zat pengangkat beban. Ini bukan tanpa alasan. Ini karena protein terbuat dari 20 jenis asam amino yang digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk kulit. Ini masuk akal melalui halaman Distribusi Kesejahteraan Harvard.

Di dalam tubuh, asam amino dibentuk menjadi creatine dan collagen yang merupakan dua kombinasi penting untuk kesehatan kulit. Menurut Cleveland Facility, keratin adalah protein yang ditemukan di lapisan luar kulit yang melindungi kulit dari bahaya. Sementara itu, kolagen adalah senyawa yang membuat kulit tetap kencang dan halus.

Protein dapat diperoleh dari jenis makanan hewani dan nabati. Makanan hewani sumber protein antara lain telur, ayam, daging merah, ikan, dll. Sementara itu, protein juga bisa didapatkan dari jenis makanan nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin C

Tidak diragukan lagi status asam L-askorbat sebagai makanan yang baik untuk kulit. Faktanya, nutrisi dengan nama asam askorbat ini juga digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa produk ajaib. Kemampuannya untuk menyamarkan hiperpigmentasi kulit, seperti bekas luka jerawat dan tanda-tanda penuaan, serta melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meskipun dimasukkan sebagai mikronutrien, efek asam L-askorbat dalam tubuh merupakan bidang kekuatan yang serius untuk luar biasa. Hal ini karena asam L-askorbat merupakan penguat sel yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu, halaman Webmd menjelaskan bahwa asam L-askorbat berperan penting dalam pembentukan kolagen.

Sumber makanan yang kaya asam L-askorbat juga sangat mudah ditemukan. Ini termasuk buah jeruk seperti jeruk, lemon, anggur, dan kiwi, stroberi, tomat, sayuran silangan seperti brokoli, buncis, kol, dan kembang kol.

Baca Juga:  7 Perawatan Rumahan untuk Mengobati Infeksi Ginjal

3. Vitamin E

Selain asam L-askorbat, vitamin E juga dikenal sebagai suplemen yang sangat bisa merawat kulit. Menurut Harvard T.H. Chan School for General Wellbeing, vitamin E juga berfungsi sebagai penguat sel yang dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel kulit dari kerusakan. Bahkan, vitamin E juga bisa mengurangi risiko penyakit kulit.

Berbeda dengan asam L-askorbat, vitamin E adalah suplemen yang dapat larut dalam lemak, jadi mengonsumsi nutrisi ini bersama dengan varietas makanan tinggi lemak dapat membangun retensinya di dalam tubuh. Makanan sumber vitamin E adalah almond, labu, dan sayuran hijau, seperti bayam.

4. Asam lemak omega-3

Selain sangat baik untuk jantung, saraf, dan otak, asam lemak omega-3 juga berperan penting dalam kesehatan kulit. Sebuah tulisan yang dimuat dalam buku harian Exploratory Dermatology tahun 2011 menjelaskan bahwa omega-3 berkaitan dengan perlindungan kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, omega-3 juga menyehatkan, memperbaiki jaringan kulit yang rusak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Suplemen yang sering ditemukan pada ikan salmon, kacang-kacangan, dan bandeng ini juga diketahui dapat mengurangi iritasi, terutama pada dermatitis. Meskipun demikian, pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan untuk menegaskan hal ini.

5. Vitamin A

Meski lebih populer sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata, vitamin A juga dikenal berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Faktanya, senyawa yang didapat dari vitamin A, seperti retinol atau retinoic acid, juga ditemukan di banyak produk perawatan kulit.

Seperti vitamin C dan E, vitamin A juga merupakan agen pencegah kanker, yang memungkinkannya untuk mencari radikal bebas dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Diungkapkan oleh Mayoclinic, vitamin A juga mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan hewani seperti hati ayam dan daging, minyak ikan, telur dan susu. Nutrisi ini juga bisa didapat dari jenis makanan nabati seperti sayuran hijau, sayuran oranye, dan sayuran merah.

Selain menangani kulit dari perspektif eksternal, kita juga harus menangani kulit dari dalam. Untuk itu, segera atasi permasalahan rangkaian sehat di atas agar kesehatan kulit tetap ideal. Untungnya suplemen di atas bisa didapatkan secara efektif dari jenis makanan yang biasa kita alami, lho. Ingatlah untuk mengkonsumsinya secara konsisten, oke?

Leave a Comment