3 Gejala Pagi pada Orang dengan Fibromialgia

fikrirasy.id – 3 Gejala Pagi pada Orang dengan Fibromialgia. Fibromyalgia adalah gangguan konstan (jangka panjang) yang menyebabkan nyeri berdenyut di seluruh tubuh, serta kelelahan dan ketidaknyamanan tidur. Para ahli tidak sepenuhnya memahami apa penyebabnya, tetapi orang dengan masalah ini semakin tidak menyukai siksaan.

Apakah efek samping fibromyalgia di pagi hari termasuk kelelahan, ketegasan, rasa sakit, dan kemungkinan pembengkakan di tangan dan kaki atau di sekitar mata? Anda berada di perusahaan yang baik. Ini semua penting untuk efek samping pagi yang dialami oleh banyak orang dengan fibromyalgia.

Meskipun tidak setiap orang dengan fibromyalgia mengalami efek samping pagi hari seperti yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah, ini sangat normal.

Kekakuan pada pagi hari

Sangat umum bagi penderita fibromyalgia untuk bangun dengan perasaan padat dan berdenyut di mana-mana atau mengalami kesulitan berdiri tegak selama beberapa waktu, menurut laporan tahun 2011 dalam buku harian Current Agony and Cerebral pain Reports.

Bagi sebagian orang, peradangannya cenderung tidak sama dengan nyeri fibromyalgia lainnya. Ini tidak mengherankan lebih seperti nyeri otot yang dirasakan orang-orang yang kuat sehari setelah gerakan yang sangat berat atau mungkin penyok spatbor kecil.

Tidak jelas mengapa efek samping ini terasa di pagi hari. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka mungkin sering merasa tidak bergerak, orang-orang di sekitar mereka melaporkan bahwa orang tersebut tampak gelisah.

Posisi tertentu mulai terasa sakit sehingga orang yang terkena dampak akan mengubah posisi tubuhnya. Kemudian posisi lain mulai terasa sakit dan individu tersebut mengubah posisi sekali lagi. Ada kemungkinan ketegasan pagi karena mereka tidak cukup bergerak di malam hari.

Orang-orang tertentu mengatasi efek samping ini dengan membersihkan atau mandi garam Epsom sebelum tidur. Yang lain mencoba mengatasinya dengan yoga dasar atau peregangan lain sebelum tidur, atau sebelum bangun. Resep, baik untuk siksaan atau istirahat, juga bisa membantu.

Kelelahan pada pagi hari

Ada pembenaran dasar untuk efek samping ini: individu dengan fibromyalgia tidak bisa tidur dengan nyenyak. Fibromyalgia terkait dengan beberapa masalah tidur, misalnya, sebenarnya:

  • Gangguan tidur.
  • Apnea istirahat obstruktif.
  • Kecenderungan untuk gelisah.
  • Bruxisme.

Penelitian di English Diary of Agony 2018 merekomendasikan bahwa beberapa orang dengan fibromyalgia memiliki pola tidur yang tidak biasa yang mengganggu tidur nyenyak dan umumnya istirahat yang tidak menyegarkan.

Salah satu dari masalah ini dapat menyebabkan pasien fibromyalgia merasa lelah keesokan harinya. Dengan asumsi ada campuran masalah, mendapatkan kualitas tidur akan lebih merepotkan.

Baca Juga:  Mengapa Obat HIV Harus Diminum Terus

Di sisi lain, efek samping fibromyalgia juga mengkhawatirkan rasa sakit. Siksaan pasti bisa membuat seseorang tetap sadar atau bangkit dari istirahat sebentar-sebentar. Ketegangan dapat membuat Anda sulit untuk bersantai. Keengganan terhadap keributan dan cahaya dapat membuat hal-hal kecil yang tampaknya membuat pasien fibromyalgia tetap sadar, mungkin dengan dampak adrenalin yang besar.

Bagi orang-orang dengan sejenis iritasi yang disebut allodynia, bahkan sapuan seprai pada kulit atau kerutan di jubah dapat menyebabkan rasa sakit yang membakar.

Banyak penderita fibromyalgia merengek karena terlalu panas atau berpotensi lembap karena keringat untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Responsif suhu normal dengan masalah ini, dan tidak hanya keengganan untuk menghangatkan. Tangan yang tidak tertutup oleh penyapuan mungkin akan menjadi sangat dingin, atau bahkan sulit, dan memerlukan investasi yang lama untuk menghangatkannya kembali. Mereka juga cenderung berkeringat berlebihan.

Bengkak pada pagi hari

Seperti dijelaskan di halaman Verywell Wellbeing, beberapa orang dengan fibromyalgia terbangun dengan pembengkakan di tangan dan kaki atau di sekitar mata. Alasannya tidak jelas.

Pembengkakan umumnya dianggap sebagai akibat dari kelebihan cairan, bukan iritasi. Namun, beberapa kasus fibromyalgia mungkin disertai peradangan.

Kadang-kadang, pembesaran tidak menjadi masalah, tetapi mungkin canggung atau sulit. Masalah normal termasuk pembengkakan jari kaki yang berdenyut di pagi hari, atau kecanggungan karena hilangnya kontrol permanen pada jari kaki. Menggunakan tangan yang membesar untuk mengoleskan riasan pada mata yang membesar juga bisa merepotkan.

Secara berkala, orang-orang tertentu melaporkan makan varietas makanan seperti ketimun sebagai cairan pemeliharaan. Sementara itu, beberapa orang lain melaporkan bahwa mereka mendapat manfaat dari pengobatan uleni, terutama semacam gosok punggung yang disebut limbah getah bening manual. Sekali lagi, setiap orang harus mencari tahu apa yang terbaik untuk mereka.

Beberapa obat juga menyebabkan pembengkakan, jadi ketahuilah tentang efek samping yang mungkin terjadi dan periksa dengan PCP Anda.

Itulah beberapa efek samping pagi hari yang normal terjadi pada penderita fibromyalgia. Sementara efek samping ini dapat menyebabkan beberapa masalah bangun di pagi hari, mereka biasanya bukan efek samping fibromyalgia yang paling mengerikan. Demikian pula, umumnya efek samping pagi hari ini akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya hari.