5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Alami Tanpa Efek Samping

fikrirasy.id – 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Alami Tanpa Efek Samping. Minyak kelapa sering digunakan untuk berbagai jenis masakan hingga pengobatan. Minyak kelapa tidak sulit dilihat dan cenderung sederhana.

Namun, penggunaan minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk bahan masakan saja. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk keunggulannya, lho. Berikut adalah manfaat minyak kelapa untuk kulit.

1. Dapat mengobati jerawat

Relatif sedikit orang yang tahu bahwa minyak kelapa dapat mengobati jerawat. Mereka percaya bahwa minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori wajah. Sejumlah besar penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengobati jerawat.

Dikutip dari Healthline, minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan dapat mengobati jerawat. Sifat antibakteri minyak kelapa juga dapat mengurangi jerawat.

Dilaporkan oleh Public Library of Medicine, kandungan asam laurat yang memiliki persentase mendekati persentase lemak tak jenuh dalam minyak kelapa terbukti dapat menghilangkan jerawat penyebab bakteri.

2. Melembabkan kulit kering

Kulit kering merupakan masalah yang dialami banyak orang. Dengan mengoleskan minyak kelapa, kulit Anda bisa lebih lembap dan terhidrasi. Dikutip dari Healthline, ada review yang mengamati minyak kelapa dan minyak mineral pada individu dengan masalah kulit kering. Selanjutnya, minyak kelapa secara mendasar meningkatkan hidrasi kulit dan sama suksesnya dengan minyak mineral untuk waktu yang lama.

Selain dapat melembabkan kulit, minyak kelapa juga dapat mengobati dermatitis. Ulasan lain membandingkan minyak kelapa dengan minyak zaitun pada 52 orang dewasa dengan dermatitis. Dengan demikian, minyak kelapa dapat menyebabkan dermatitis juga membuat kulit jenuh.

3. Mengurangi inflamasi

Minyak kelapa dapat mengobati kejengkelan atau iritasi pada kulit seperti ruam, kemerahan dan kesemutan. Dikutip dari Healthline, minyak kelapa terbukti memiliki khasiat meredakan.

Baca Juga:  6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan

Dari hasil penelitian, minyak kelapa memiliki potensi dan manfaat untuk mengurangi peradangan atau iritasi dengan cara dioleskan ke kulit atau langsung dikonsumsi.

4. Dapat membunuh mikroorganisme berbahaya

Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat melindungi kulit dari mikroorganisme perusak. Ini umumnya baik untuk kulit karena dapat mencegah penyakit seperti penyakit kaki atau peradangan kulit yang disebabkan oleh parasit dan mikroba.

Sebuah tinjauan dari American Culture for Microbial science menjelaskan bahwa sifat antibakteri dari 30 jenis lemak tak jenuh terhadap 20 jenis organisme mikroskopis menunjukkan bahwa asam laurat adalah yang terbaik dalam menghambat perkembangan bakteri. Investigasi lain juga memahami efek kontra-infeksi dari korosif caprac yang dapat menghambat pertumbuhan jenis organisme tertentu.

5. Membantu menyembuhkan luka

Seringkali luka pada kulit menjadi masalah yang cukup sulit. Dikutip dari Healthline, minyak kelapa juga bisa menyembuhkan luka. Dalam laporan tersebut masuk akal bahwa mengoleskan minyak kelapa pada hewan pengerat dapat mempengaruhi penyembuhan luka hewan pengerat tersebut.

Minyak kelapa dapat membantu mempercepat penyembuhan, meningkatkan regenerasi sel, dan meningkatkan kolagen yang berperan penting dalam membantu penyembuhan luka. Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar.

Minyak kelapa diyakini memiliki manfaat yang berbeda. Bagi Anda yang membutuhkan kulit padat, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin. Minyak kelapa adalah pilihan paling ideal bagi Anda yang ingin merawat kulit secara normal tanpa efek sekunder.