12 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Kuku, Rambut dan Kulit

fikrirasy.id – 12 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Kuku, Rambut dan Kulit. Kuku, rambut, dan kulit kita bergantung pada persediaan suplemen dari makanan yang kita makan hingga area kekuatan agar tetap sehat. Ini bukan hanya masalah penampilan, karena kesehatan kuku, rambut, dan kulit kita sebenarnya adalah ukuran kesehatan batin kita.

Pola makan yang buruk dapat dengan cepat menyebabkan kuku lemah dan patah, rambut kusam dan lemah serta kulit kusam dan tidak sehat. Suplemen penting untuk rambut dan kuku yang sehat termasuk protein, seng, zat besi, dan vitamin B, C. Lemak omega-3 dan vitamin A berfungsi sebagai kondisioner alami.

Mengonsumsi sumber makanan yang disarankan di sini tidak hanya akan membantu kuku, rambut, dan kulit Anda, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan. Simak 12 saran makanan yang baik untuk kuku, rambut, dan kulit.

1. Ikan salmon

Makan salmon, halibut, dan ikan berminyak lainnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Melalui ikan salmon, Anda akan mendapatkan banyak protein, lemak esensial omega-3 tak jenuh, zat besi, dan vitamin B12 dalam satu paket.

Lemak tak jenuh omega-3 dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mendukung kesehatan kulit kepala. Mendapatkan banyak protein juga mencegah kebotakan. Untuk bahan lain, zat besi dan vitamin B12 bisa membuat warna rambut lebih energik.

2. Wortel

Sumber makanan kaya beta-karoten seperti wortel, berubah menjadi kekuatan penguat sel yang harus diperhitungkan vitamin A. Buah berwarna cerah ini memiliki sifat anti penuaan yang luar biasa, meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat, dan telah terbukti untuk memerangi efek samping terkait diabetes. . Anda juga dapat menemukan beta-karoten dalam bayam, brokoli, kacang polong, dan selada romaine.

3. Tomat

Tomat memiliki agen pencegah kanker yang kuat dan bagus untuk kulit. Tomat ditumpuk dengan asam L-askorbat, bersama dengan karotenoid, likopen, dan beta-karoten. Mengonsumsi sumber makanan kaya karotenoid lebih lanjut mengembangkan perlindungan kulit dari luka bakar akibat sinar matahari, terutama bila digabungkan dengan Vitamin E.

4. Bayam

Bayam sarat dengan suplemen yang menyehatkan rambut seperti zat besi dan vitamin E, jadi tidak heran memakan sayuran hijau ini adalah cara yang bagus untuk memperkuat rambut.

Pakar di Pusat Cleveland memahami bahwa simpanan zat besi yang rendah menambah kebotakan, jadi untuk menjaga rambut Anda tetap sehat dan indah, terutama seiring bertambahnya usia, mengingat lebih banyak bayam untuk diet harian Anda adalah pendekatan yang bagus.

5. Kenari

Menurut survei yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology Viable and Calculated, kekurangan asam lemak tak jenuh ganda esensial asam linoleat (lemak tak jenuh omega-6) dan asam alfa-linolenat (lemak tak jenuh omega-3) dapat menyebabkan perubahan rambut termasuk kerontokan kulit kepala. rambut. selanjutnya, alis, serta rambut rontok. Untuk mencegah hal itu terjadi pada rambut Anda, makanlah jenis makanan yang mengandung korosif linolenat dan korosif alfa-linolenat, seperti pecan.

6. Ubi jalar

Ubi kaya akan karotenoid beta-karoten, yang seharusnya menjadi cikal bakal vitamin A. Vitamin A meningkatkan produksi keratin dan sangat penting untuk kesehatan kulit dan kuku.

Kajian tahun 2004 yang lebih mapan menunjukkan bahwa antosianin dalam ubi ungu memiliki sifat anti oksidan yang dapat meningkatkan iritasi kulit. Penguatan sel juga dapat membantu melindungi dari ekstremis bebas, yang dapat memicu penuaan dini.

7. Blueberry

Tekanan oksidatif telah dikaitkan dengan kebotakan dan kulit kepala yang tidak sehat, jadi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Anda, penting untuk mengonsumsi penguat sel, yang menetralkan tekanan oksidatif.

Baca Juga:  Akibat Bau Mulut yang Tak Kunjung Pergi dari Hidup Anda

Kaya vitamin B dan proanthocyanidins, blueberry yang kaya antioksidan juga sangat bermanfaat untuk rambut; Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan dalam The Diary of Insightful Dermatology menemukan bahwa proanthocyanidins merangsang pertumbuhan rambut.

8. Telur

Banyak suplemen rambut dan kuku mengandung biotin yang diyakini banyak orang meningkatkan pertumbuhan yang kuat, meskipun hanya ada sedikit bukti yang mendukung keyakinan bahwa biotin jelas memengaruhi rambut, penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat memperkuat kuku.

Sesuai dengan catatan di Diary of the American Foundation of Dermatology, biotin telah ditunjukkan untuk mengembangkan kuku lebih lanjut. Setelah memberikan suplemen biotin kepada para anggota, para ahli menemukan bahwa ketebalan kuku pada orang-orang ini meningkat sebesar 25% dibandingkan dengan kelompok pembanding. Selain itu, kuku yang dirawat dengan biotin juga memberikan sedikit tanda-tanda perpisahan. Telur adalah sumber biotin yang luar biasa, yang ditemukan di kuning telur.

9. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan suplemen yang memajukan kesehatan kulit dan kuku, termasuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Satu cangkir alpukat tumbuk mengandung 23 miligram asam L-askorbat, 16,1 mikrogram vitamin A, dan sekitar 5 miligram asam askorbat. vitamin E.

Sebuah survei tahun 2017 menunjukkan bahwa makan makanan berdaun berhubungan dengan kesehatan kulit dan menemukan bahwa asupan asam L-askorbat biasanya dikaitkan dengan konsumsi produk. Survei tersebut juga mencakup penelitian yang menunjukkan bagaimana asam L-askorbat dapat membantu pembentukan kolagen dan mengurangi munculnya kekusutan.

10. Tiram

Penelitian menunjukkan bahwa kebotakan yang terkait dengan kekurangan seng dapat dibalik hanya dengan mengonsumsi suplemen vital ini dalam jumlah yang lebih besar. Dalam ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Dermatologic Treatment, lima pasien dengan alopecia diberikan peningkatan seng dan diamati bahwa kebotakan berkurang atau membaik pada semua pasien beberapa saat kemudian.

Salah satu cara untuk meningkatkan asupan seng adalah dengan mengonsumsi kerang. Hanya enam dari ikan yang dikupas akan memberikan 30 miligram seng, yang dua kali lipat dari nilai suplemen sehari-hari, salah satunya adalah kerang.

11. Kacang hitam

Lysine adalah asam amino esensial yang dapat berperan dalam retensi besi dan seng. Lysine telah terbukti meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan rambut yang sehat. rambut.

Faktanya, sebuah laporan baru-baru ini yang dicetak dalam buku harian Clinical and Exploratory Dermatology menunjukkan bahwa menambahkan lisin ke dalam suplementasi secara fundamental membantu beberapa wanita dengan rambut rontok dan botak yang terus-menerus yang lalai menjawab suplementasi zat besi saja.

Kacang hitam, yang sarat dengan protein, juga mengandung lisin. Satu porsi setengah cangkir kacang hitam mengandung 523 miligram asam amino esensial yang patut dicatat.

12. Oatmeal

Selain mengenyangkan dan menyegarkan, sereal juga sarat dengan nutrisi tembaga, seng, dan B. Suplemen ini bekerja sama untuk menjaga kuku tetap terlihat kokoh. Seng secara khusus merupakan aset yang luar biasa dalam memerangi jerawat. Ini mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat penyebab bakteri.

Memperkuat kuku, rambut dan kulit tidak hanya membutuhkan perawatan dari segi luar saja, tetapi juga dari dalam tubuh seperti sumber makanan yang sehat dan bergizi yang banyak mengandung protein, seng, zat besi, dan nutrisi A, B, C dan lemak omega-3. Bahan-bahan ini dibutuhkan oleh kuku, rambut dan kulit.

Leave a Comment