14 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

fikrirasy.id – 14 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata. Munculnya lingkaran hitam di bawah mata adalah masalah umum yang sering diketahui tentang usia dan kadang-kadang disertai dengan pembentukan kulit di sekitar mata dan tentu saja ini akan mempengaruhi penampilan. Stres, kurang istirahat, dan kelelahan adalah penyebab paling umum yang dapat terjadi pada semua jenis orang.

Kulit mulai kehilangan daya gerak dan kolagennya yang unik seiring bertambahnya usia. Pembuluh darah di bawah kulit mungkin tampak lebih jelas di sepanjang garis ini, membuat daerah tipis di bawah mata tampak lebih berkabut dari yang diperkirakan. Keadaan yang berbeda dapat menyebabkan kulit tampak lebih tidak jelas, seperti melebar di sekitar mata atau cairan yang canggung di sekitar kelopak mata bawah.

Beberapa ramuan rutin dipercaya bisa mengalahkan kantung mata yang kusam ini. Tentunya pengobatan yang berbeda dari dalam seperti istirahat yang cukup dan nyaman, mengurangi tekanan darah dan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kolagen juga penting, namun mengobati lingkaran mata yang kusam dengan ramuan rutin juga tidak kalah pentingnya. Berikut adalah beberapa bahan rutin untuk menghilangkan lingkaran mata kusam.

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung aloesin, senyawa yang menghambat kerja tirosinase. Ini dapat membantu mencegah pigmentasi berlebih pada kulit dan juga dapat melembabkan kulit di sekitarnya dan membuatnya lentur.

Ambil satu sendok teh gel lidah buaya dan gosokkan kembali ke daerah yang tertutup. Biarkan dalam jangka pendek dan siram menjelang awal hari. Anda dapat mengikuti langkah ini secara konsisten hingga lingkaran hitam memudar.

2. Timun

Mentimun mengandung campuran bioaktif dan nutrisi yang dapat menekan gerakan tirosinase dan dapat membantu mengurangi pigmentasi di sekitar mata. Gunakan satu mentimun dan satu sendok teh gel lidah buaya. Haluskan bahan-bahan perhiasan untuk membuat lem yang kental. Oleskan lem ini pada daerah yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air biasa. Anda juga bisa menerapkan ini sekali setiap hari.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah yang terbaik dan berharga untuk menghilangkan lingkaran hitam atau kantung mata yang berat. Cukup gosokkan beberapa tetes di bawah mata untuk menghilangkan lingkaran hitam. Jika Anda memiliki keinginan untuk mencapai hasil yang lebih cepat, Anda mungkin perlu melakukannya secara konsisten.

4. Minyak almond

Minyak almond memiliki sifat sclerosant dan emollient. Ini dapat membantu mengurangi keberadaan pembuluh darah di bawah kulit dengan mengembangkan corak lebih lanjut. Oleskan 2-3 tetes minyak almond pada bola kapas. Terapkan ke lingkaran hitam dan gosok kembali ke kulit. Biarkan untuk sementara dan bilas di pagi hari. Lakukan ini secara teratur sebelum tidur sampai lingkaran hitam memudar.

5. Tomat

Tomat kaya akan fitokimia seperti lycopene dan beta-karoten yang mengurangi kerusakan oksidatif pada jaringan kulit dan mengurangi eritema (kemerahan) pada kulit. Ini dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam yang tumbuh di bawah mata.

Buat lem dengan mencampurkan tomat dan jus lemon. Oleskan ini di sekitar mata dan biarkan selama 20 menit. Cuci seluruhnya. Lakukan ini lebih dari sekali per minggu.

6. Lemon

Lemon adalah sumber asam L-askorbat yang kaya. Asam L-askorbat menampilkan sifat pigmentasi dan dapat membantu memperluas ketebalan kulit di bawah mata. Ini dapat membantu menyembunyikan pembuluh darah yang terlihat karena pengecilan kulit dan meredakan lingkaran hitam.

Tempatkan bola kapas di jus ini dan oleskan ke lingkaran hitam. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan. Ulangi pengobatan ini dua kali seminggu selama 3 bulan. Jus lemon dapat membuat kulit terasa perih, jadi lakukan tes perbaikan sebelum mencoba pengobatan ini. Demikian juga, pastikan untuk mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari karena jus lemon dapat membuat kulit sensitif terhadap cahaya.

Baca Juga:  7 Penyebab Mata Berkunang-Kunang dan Migrain hingga Masalah Otak

7. Air mawar

Bahan yang satu ini umumnya cocok digunakan untuk mengobati mata lelah. Q-tip yang dibasahi dengan air mawar murni saat dioleskan ke mata selama 15 menit memulai efek menenangkan dan melonggarkan pada mata. Ini juga bisa mengurangi kantung mata.

8. Yogurt

Yogurt mengandung L-cysteine ​​​​yang menghambat aksi tirosinase dan mencegah pigmentasi dan lingkaran hitam. Tambahkan satu sendok teh jus lemon ke dua sendok teh yogurt. Blender dengan baik, oleskan ini ke lingkaran hitam, dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci bersih, Anda bisa melakukan ini tidak kurang dari dua kali setiap minggu.

9. Kentang

Jus kentang mengandung asam azelaic yang dapat menghambat kerja tirosinase untuk mengurangi pigmentasi. Ini dapat membantu mengaburkan lingkaran hitam. Gunakan 1-2 sendok makan jus kentang dalam mangkuk. Oleskan jus pada lingkaran hitam dan biarkan sampai mengering. Cuci dengan air. Lakukan ini tidak kurang dari dua kali per minggu.

10. Madu

Madu mengandung polifenol yang menahan aksi tirosinase. Ini dapat membantu mengurangi pigmentasi di atas dan mengaburkan lingkaran hitam. Campurkan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke kulit di sekitar mata dan biarkan selama sekitar 10-15 menit. Siram sepenuhnya dengan air. Ulangi ini sekali sehari sampai lingkaran hitam kabur.

11. Green tea bag

Teh hijau mengandung penguat fenolik yang menekan melanogenesis. Ini dapat membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit dan mengurangi lingkaran hitam. Ambil dua kantong teh hijau dan serap airnya. Dinginkan sedikit dan kenakan mata. Bersihkan setelah 10-15 menit. Anda dapat mengulangi ini setiap hari sampai lingkaran hitam memudar.

12. Kopi

Espresso mengandung banyak kafein, bahan penting yang menyegarkan kulit dan juga membuat kulit lebih cerah. Kafein dapat meringankan kulit serta membuat lingkaran hitam itu kabur tanpa masalah. Dicampur dengan madu dan Vitamin E dapat memperbaiki kulit, membuat kulit sehat dan bersinar.

Campurkan satu sendok espresso masing-masing dengan sesendok madu dan minyak Vitamin E. Basahi bantal kapas untuk setiap mata, lalu bekukan kapas dan gunakan kapan pun diperlukan.

13. Kunyit

Kunyit kaya antioksidan yang mengandung kurkumin dan merupakan anti oksidan yang kuat. Curcumin meredakan iritasi dan pembesaran di bawah mata dan mengaburkan lingkaran hitam.

Kunyit dapat mengurangi produksi melanin. Ini juga membantu dalam merawat lingkaran hitam ketika disebabkan oleh hiperpigmentasi. Kunyit, karena musuh manfaat oksidannya, mengurangi kerutan, garis, kulit kendur dan memulihkan kulit lelah di bawah mata. Ini membantu dalam pengobatan lingkaran hitam.

Kunyit dapat dicampur dengan berbagai bahan alami lainnya tanpa kehilangan khasiatnya untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Anda dapat mencoba memadukannya dengan madu dan bahkan minyak kelapa untuk menambah khasiatnya mengatasi lingkaran hitam pada mata.

14. Strawberry

Stroberi kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan lingkaran hitam dengan mudah. Produk alami jeruk ini mengandung banyak asam L-askorbat dan sifat menenangkan yang mengendurkan kulit.

Untuk membuat penutup mata stroberi, ambil beberapa buah beri baru dan buat lem. Tambahkan sesendok minyak Vitamin E dan air mawar ke dalamnya. Menyerap kapas pengaturan ini dan membekukannya cukup lama. Taruh ini di mata kapan pun diperlukan.

Menggunakan bahan-bahan alami tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama, namun dengan penggunaan yang rutin, Anda dijamin akan merasakan perubahannya!

Leave a Comment