12 Bahan Makanan Kaya Vitamin A Sangat Cocok Dimasukkan dalam Menu Diet

Fikrirasy.id12 Bahan Makanan Kaya Vitamin A Sangat Cocok Dimasukkan dalam Menu Diet. Untuk membantu sistem kekebalan tubuh, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin A. Biasanya hadir dalam berbagai jenis makanan, vitamin An dikenal untuk menjaga ketajaman visual dan kulit, namun juga aman membantu.

Ahli gizi mengungkap jenis makanan yang kaya vitamin An dan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin An sehari-hari adalah dengan menambahkan beberapa sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi ke menu sehari-hari.

Tidak mendapatkan cukup vitamin A baik melalui makanan atau suplemen dapat menyebabkan kelemahan, penyakit biasa, gangguan penglihatan malam hari, dan kekeringan mata yang ekstrim. Untuk mencegah keberatan ini, pastikan untuk memasukkan sumber makanan kaya vitamin A yang menyertainya untuk memenuhi nutrisi tubuh. Langsung saja simak artikel di bawah ini!

1. Ubi jalar

Satu ubi besar yang dipanaskan dengan kulitnya mengandung 1.730 mcg vitamin A (192 persen DV untuk pria, 247% DV untuk wanita). Satu porsi ubi juga memiliki 35,3 miligram (mg) asam L-askorbat (39% DV), yang berperan penting dalam tulang padat, otot, ketahanan, dan kulit.

2. Paprika

Satu cangkir potongan paprika merah mengandung 144 mcg vitamin A (16 persen DV untuk pria, 20,6 persen DV untuk wanita). Secangkir lada merah juga mengandung 118 mg asam L-askorbat (131% DV), menjadikannya makanan ringan yang baik jika Anda merasa tidak enak badan. Itu karena paprika mengandung kadar asam L-askorbat yang memuaskan telah terbukti mengurangi panjang dan seriusnya efek samping yang berhubungan dengan pilek.

3. Keju

Satu potong cheddar mengandung sekitar 6% dari insentif harian yang disarankan untuk vitamin A. Cheddar dapat bertindak sebagai camilan pengisi atau sebagai hiasan untuk sup dan campuran sayuran. Namun, dianjurkan untuk makan cheddar dengan sedikit pembatasan karena kandungan lemaknya yang basah.

Namun, cheddar tidak cocok untuk semua orang karena cheddar mengandung protein (kasein) dan gula (laktosa) dalam susu yang dapat menyebabkan sakit perut atau reaksi provokatif jika tidak dapat dikonsumsi. tubuh.

4. Telur

Satu telur mengandung sekitar 16% vitamin A harian yang disarankan. Mempersiapkan telur dengan berbagai sayuran dan rempah-rempah baru disarankan. Dengan menu diet ini, berbagai macam fitonutrien sehat dapat langsung dikonsumsi.

Ada banyak cara alternatif yang bisa Anda coba dengan menu padat yang terbuat dari telur, misalnya dicampur, dibubuk, atau disiapkan untuk sarapan, hingga sepiring sayuran hijau selain vitamin An dan protein bioavailable yang sangat baik.

5. Ikan berlemak

Satu filet ikan seperti salmon atau herring mengandung sekitar 2-3 persen dari nilai vitamin A yang disarankan setiap hari. Ikan ini juga tinggi omega-3. Lemak tak jenuh, intensif menenangkan yang membantu kesehatan pikiran dan kardiovaskular dan akan membantu memperluas bioavailabilitas vitamin A.

Vitamin A yang ditemukan dalam ikan dapat melakukan beberapa hal luar biasa untuk kulit, sama seperti salmon liar adalah sumber yang luar biasa dari nutrisi pelarut lemak An dan D. Tidak seperti sumber nabati, vitamin An dalam ikan berminyak segera tersedia sebagai retinol. , fundamental untuk kesehatan rambut dan perkembangan kulit.

6. Hati sapi

Sepotong hati daging (113 gram) mengandung 5.700 mcg vitamin A, yang merupakan 633% dari nilai harian (DV) untuk pria, 814% dari DV untuk wanita. Hati daging juga memiliki 23 gram (g) protein, yang merupakan 40% dari nilai harian, menjadikannya pilihan yang baik jika Anda ingin membangun otot. Selain itu, dengan hanya 150 kalori dan 4 g lemak untuk setiap porsi, hati hamburger adalah keputusan yang mengenyangkan dan padat bagi orang-orang yang memperhatikan berat badan mereka.

Baca Juga:  Apa Itu Self-healing Ini Penjelasan dan Caranya yang Perlu Kamu Tahu

7. Wortel

Satu wortel mentah yang sangat besar mengandung 601 mcg vitamin A (67 persen DV untuk pria, 86% DV untuk wanita). Wortel juga memiliki 256 mcg lutein dan zeaxanthin, zat pencegah kanker yang dikenal untuk mengurangi risiko infeksi mata terus-menerus seperti air terjun. Selain itu, survei 2018 melacak bahwa lutein, khususnya, terkait dengan pekerjaan pada eksekusi mental.

8. Bayam

Satu cangkir bayam mengandung 943 mcg vitamin A (105 persen DV untuk pria, 135% DV untuk wanita). Satu cangkir hijau hijau ini juga memberikan 6,43 mg zat besi (35,7 persen dari DV). Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam trombosit merah yang bertanggung jawab untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh, dan mioglobin, protein yang memasok oksigen ke otot.

9. Mangga

Satu cangkir potongan mangga mengandung 89 mcg vitamin A (10 persen DV untuk pria, 13% DV untuk wanita). Mangga juga merupakan sumber folat yang baik dengan 71 mcg (18 persen DV) per porsi. Folat, nutrisi B, membantu memproduksi trombosit merah. Ini sangat penting selama kehamilan karena mencegah beberapa gurun kelahiran, termasuk:

  • Anencephaly, di mana anak dibawa ke dunia dengan tengkorak yang kurang dan pikiran yang belum matang.
  • Spina bifida, di mana tali tulang belakang anak tidak tumbuh seperti yang diharapkan.

10. Susu

Satu cangkir susu utuh mengandung sekitar 5% dari kebutuhan vitamin A harian yang disarankan. Sebagai ide penyajian, susu dapat dipoles dalam gelas atau untuk menambahkan permukaan yang lebih lembut ke varietas makanan seperti gandum atau bubur.

11. Aprikot

Berlimpah vitamin A, aprikot dapat dinikmati dengan berbagai cara. Satu aprikot mengandung sekitar 13% dari nilai vitamin A yang disarankan setiap hari. Aprikot beraroma dan sangat mudah ditemukan di banyak sektor bisnis. Makanlah saat sudah siap dan gabungkan dengan campuran sayuran hijau, pecan, dan vinaigrette ringan untuk salad atau lauk yang baru dan mengenyangkan.

12. Pepaya

Satu lagi metode luar biasa untuk mendapatkan vitamin An adalah dengan menambahkan produk organik yang lezat ini ke dalam smoothie. Satu cangkir pepaya mengandung sekitar 31% dari nilai vitamin A yang disarankan setiap hari.

Warna pepaya yang indah disebabkan oleh beta-karoten, yang sangat tersedia secara hayati dalam produk tanah yang diubah menjadi vitamin A. Produk alami yang sangat teduh ini juga sangat mudah didapat, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melacaknya. bahan-bahan rejimen makan yang enak dan sehat.

Mencegah penyakit, gangguan penglihatan di malam hari, dan kekeringan mata yang parah, menambahkan sumber makanan yang mengandung banyak vitamin An sangat membantu dalam mencegah keluhan kesehatan lainnya. Menambahkannya ke rutinitas makan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan diet tubuh!

Leave a Comment