Gumuling Sumur, masjid bawah tanah tertua di Tamansari Yogyakarta

Fikrirasy.ID – Siapa yang tidak tahu ada masjid bawah tanah di Taman Sari Yogyakarta? Masjid bawah tanah ini juga berfungsi sebagai benteng pada masa kolonial.

Untuk menuju masjid berarsitektur Jawa Portugis ini, Anda harus melewati sebuah gang sebelum mencapai Masjid Sumur Gumuling. Di tengahnya terdapat lima anak tangga yang melambangkan rukun Islam. Gumuling, seperti namanya, menggambar lingkaran dan berarti ada sumur di tengah bangunan. Sumur berada di bagian bawah tangga di mana mereka bertemu satu sama lain di tengah.

Masjid berkubah ini memiliki dua lantai. Lantai bawah untuk wanita, dan lantai atas untuk pria. Dinding masjid memiliki ventilasi yang baik untuk memungkinkan cahaya dan udara masuk dengan bebas.

Masjid ini tidak membutuhkan pengeras Fikrirasy.ID. Karena Fikrirasy.ID muadzin dan khatib yang melantunkan salat dapat bergema di seluruh masjid. Di ujung aula ada ruang melingkar kecil di tengah, yang dihubungkan oleh lima anak tangga di lima sisi. Kawasan itu pernah digunakan sebagai mimbar para pemuka agama untuk berdakwah dan memimpin salat.

Baca juga:
Puncak Liburan Nataru, Bandara YIA Gandakan Penumpang

Sumur Gumuling Taman Sari di Yogyakarta.  (Instagram/@kartikaaw)
Sumur Gumuling Taman Sari di Yogyakarta. (Instagram/@kartikaaw)

Gang gelap ini merupakan jalur masuk dan keluar menuju masjid bawah tanah Sumur Gumuling. Padahal, koridor ini sangat panjang, dan diduga merupakan komunitas yang menuju ke gang di sepanjang pantai selatan. Namun, bagian tembus ditutup.

Masjid bawah tanah Gumuling Sumur tidak lagi digunakan sebagai tempat ibadah. Setelah Keraton Yogyakarta membangun Masjid Gedhe Kauman, sebelah barat Alun Alun Lor, Yogyakarta. Saat ini, area di sekitar masjid bawah tanah Sumur Gumuling digunakan sebagai kawasan wisata dan difoto untuk wisatawan. Anda pasti akan terkagum-kagum dengan arsitektur masjid tua berwarna coklat muda yang masih bertahan hingga saat ini.

Baca Juga:  Pemilik warung digital yang berjualan melalui aplikasi ini mendapatkan omzet hingga Rp 90 juta per bulan!

Tertarik mengunjungi reruntuhan Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling di kawasan Taman Sari Yogyakarta? Ceritakan pengalaman Anda selama berada di sana!

Kontributor: Julia Kartika Dewi

Baca juga:
Hari Tahun Baru 2022 di berbagai tempat di Indonesia



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Gumuling Sumur, masjid bawah tanah tertua di Tamansari Yogyakarta

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment