Erick Thohir menanggapi keluhan petani sawit Riau melalui program Makmur.

Fikrirasy.ID – Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan program Makmur yang dilaksanakan PT Pupuk Indonesia (Persero) menjawab keluhan petani sawit di Provinsi Riau. Keluhan soal permodalan terkait pupuk, bibit.

Hal itu disampaikan langsung Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga saat berkunjung ke Gunung Sahilan di Kabupaten Kampar. Saat itu, Arya bertemu dengan sekelompok petani di desa Makmur Sezahtera.

“Jadi Pak Erick (Kementerian BUMN) sedang menggarap Program Sejahtera bernama Agro Solution. Susah disebut Agro Solution. Nama dan tujuannya,” kata Arya Sabtu (8/1). /2022).

Di sana, Arya juga berbincang dengan para petani yang belum mengetahui tentang program yang diluncurkan pada Agustus 2021 itu. Menurut Arya, program yang mengandung makna ‘Membangun Usaha Nasional’ ini memberikan banyak manfaat bagi petani.

Baca juga:
Persaingan semakin ketat dan tantangan di industri semen semakin berat.

Arya mengatakan hal itu karena program Makmur merupakan ekosistem yang menghubungkan petani dengan segala bentuk kebutuhan pertanian. Diprakarsai oleh para pemimpin proyek, perusahaan asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, input pertanian, offtaker dan pemerintah daerah.

“Tujuan saya di sini adalah menunggu bapak (petani) berbicara. Saya ingin mendengar apa keluhan mereka dan bagaimana mereka menjalankan program Makmur,” kata Arya.

Menurut Arya, beberapa permasalahan petani sebenarnya tertangani dalam ekosistem program Makmur. Dari pembiayaan yang didukung lembaga keuangan, pemupukan, dan pembibitan hingga tanaman, beberapa menanggungnya.

“Maka dengan program Makmur, kami memberikan kemudahan bercocok tanam bagi petani. Hasilnya produktivitas meningkat, yang meningkatkan keuntungan petani,” kata Arya.

Program Sejahtera dilaksanakan pada April 2021 di atas lahan seluas 1.937 hektar dengan komoditas kelapa sawit. 1.042 petani berpartisipasi dalam program ini. Selain itu, Pupuk Sriwidjaja kembali melaksanakan program Makmur di Kabupaten Kampar Riau, Desa Makmur Sejahtera Kecamatan Gunung Sahilan.

Baca Juga:  SpaceX Targetkan Target IKN Tempat Pendaratan Pesawat Bappenas: RI-AS Hanya 2,5 Jam

Baca juga:
5 saham BUMN dialihkan ke RNI dan Erick Thohir resmi membentuk Food Holding.

Kali ini 365 petani berpartisipasi di lahan seluas 730 hektar dengan produk sawit. Offtaker untuk kedua lokasi tersebut adalah CV Mecca Jaya Mandiri dan PT Sinergi Sumber Tani.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Erick Thohir menanggapi keluhan petani sawit Riau melalui program Makmur.

Dari Situs Fikrirasy ID