Airlangga Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia-Jepang

Javaforce.com – Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Perekonomian, menerima kunjungan bilateral dari Koichi Haguida, Menteri Ekonomi dan Industri Jepang. Pertemuan bilateral tersebut membahas berbagai kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Jepang.

Airlangga menyambut baik inisiatif usulan kerjasama baru antara Indonesia dan Jepang. Jalur Publik Swasta 1.5: Kemitraan Ko-Kreatif Jepang-Indonesia untuk Ekonomi dan Masyarakat yang Inovatif dan Berkelanjutan. Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan prioritas pembangunan Indonesia: rantai pasokan regional dan global, pembangunan infrastruktur, ekonomi digital, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan industri yang berkelanjutan.

Airlangga mengatakan Selasa (11/1) Selasa (11/1) “Indonesia selalu siap bekerja sama dengan pemerintah Jepang untuk memaksimalkan potensi kerja sama bilateral.”

Airlangga berharap kerjasama ini dapat menjadi wadah untuk mendorong pengembangan usaha kecil menengah dan ekonomi digital. Hal ini karena UKM Indonesia telah tumbuh menjadi sektor pendukung utama perekonomian, memberikan kontribusi lebih dari 60% dari PDB pada tahun 2020 dan menyerap lebih dari 90% tenaga kerja.

“Sektor lain yang sangat penting bagi Indonesia adalah ekonomi digital. tanda perdagangan elektronik Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh hingga $32 miliar pada tahun 2025 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 54%,” kata Airlangga.

Airlangga juga meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama dan mendukung inisiatif Indonesia untuk menyukseskan agenda kepresidenan Indonesia G20 tahun ini. Airlangga juga menjelaskan bahwa pertemuan tersebut juga membahas akses perdagangan kedua negara dan peningkatan kerja sama di kawasan, khususnya di Forum ASEAN dan negara-negara Indo-Pasifik.

Saat ini, dari Januari hingga November 2021, total perdagangan Indonesia-Jepang mencapai $28,5 miliar, naik 31% dari $21,7 miliar pada periode yang sama tahun 2020. Dari sisi investasi, investasi Jepang di Indonesia dari Januari hingga September 2021 berjumlah $1,7 miliar di 6794 proyek, menempati peringkat keempat di antara investor Indonesia lainnya.

Baca Juga:  Kenaikan tarif cukai hasil tembakau sebesar 12% semata-mata untuk kepentingan ekonomi negara

Airlangga optimis hubungan bilateral Indonesia-Jepang akan semakin diperkuat, terutama dalam pembangunan infrastruktur, dimana Indonesia dan Jepang telah memiliki pengalaman kerjasama yang kuat.

“Beberapa infrastruktur utama Indonesia, antara lain MRT Jakarta dan Pelabuhan Patimban, dibangun bekerja sama dengan Jepang. Saya yakin dialog baru ini dapat semakin memperkuat dan memperluas kerja sama bilateral di bidang ini,” pungkasnya.

Editor: Vanu Adikara

Reporter: Romeis Vinekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Airlangga Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia-Jepang

Dari Situs Fikrirasy ID