Nilai perdagangan RI-China mencapai Rp1.278 T

Jakarta, CNN Indonesia —

Duta Besar Indonesia untuk Korea Cina Djauhari Oratmangun mengatakan kesepakatan itu. Sepakat Perdagangan Indonesia-China telah melampaui $90 miliar atau setara dengan Rp1.278 triliun (Rupiah 14.207 per dolar). Ia mengatakan hal ini dimungkinkan karena kedua negara menjaga hubungan baik dari tahun ke tahun.

“Selain pandemi COVID-19, hubungan bilateral semakin baik di bidang perdagangan, investasi, dan kerja sama kesehatan,” ujarnya. Djauhari di Forum Bisnis Indonesia-China Selatan. , Kamis (23/12).

Dia berharap perdagangan bilateral akan mencapai $100 miliar pada akhir tahun ini.

Selain itu, transaksi perdagangan antara kedua negara dalam mata uang lokal atau Pembayaran Mata Uang Lokal (LCS) Dia juga mencetak rekor $15 juta per bulan.

Donny Hutabarat, Direktur Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia (BI), mengatakan meski kecil dibandingkan negara lain, setidaknya kesepakatan dengan China masih memiliki potensi besar.

Menurut dia, transaksi perdagangan menggunakan dolar AS masih sangat besar, mencapai $8.094 per bulan. Jadi masih ada kemungkinan pengiriman transaksi tersebut menggunakan mata uang negara masing-masing.

Dari sisi sektoral, perdagangan China yang cenderung menggunakan sistem LCS adalah minyak, gas, batu bara, nikel, kertas, elektronik, pertambangan, komoditas grosir, manufaktur, dan informatika. Beberapa daerah yang berpotensi untuk menggunakan LCS adalah dari Jakarta, Surabaya, Sulawesi Tengah hingga Sumatera Selatan.

[Gambas:Video CNN]

Baca Juga:  Mencapai tujuan ketahanan pangan, penyelesaian Jokowi dan Bintang Bano Dam

tidak hanya berdagang, Investasi Asing Langsung (FDI) Atau investasi langsung China juga telah membuat rekor baru. Tahun lalu saja, investasi China di Indonesia mencapai US$33 miliar atau Rp 469 triliun. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dalam lima tahun terakhir.

Destry Damayanti, Wakil Presiden BI, mengatakan, “Pada tahun 2015, China hanya menarik US$5,7 miliar FDI, tetapi angka ini akan meningkat menjadi US$33 miliar pada tahun 2020.”

Detry mengatakan peningkatan investasi pemerintah China menunjukkan bahwa hubungan bilateral semakin dekat. Ia bahkan optimistis investasi China akan meningkat setiap tahun.

Menurut dia, investasi China di Indonesia satu tingkat lebih rendah dari Singapura, menyumbang 29% dari total FDI Indonesia sebesar $329 miliar. Di bawah China, AS menyumbang 9,8% dari semua investasi asing ke China.

(Tempura/Ag)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Nilai perdagangan RI-China mencapai Rp1.278 T

Dari Situs Fikrirasy ID