Airlangga: Generasi Muda Penggerak Pertumbuhan Ekonomi di Era Sosial 5.0

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Koordinator Ekonomi aerranga Hartarto mengatakan kualitas generasi muda menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Era Masyarakat 5.0.

“Generasi muda yang berkualitas akan memainkan peran penting. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di era masyarakat 5.0. “Pengembangan teknologi digital diperkirakan memberikan kontribusi Rp 4.434 triliun terhadap PDB Indonesia pada tahun 2030 (setara dengan 16% dari PDB),” kata Airlanga dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, 12 Maret 2022.

Peluang emas ekonomi digital Indonesia yang bernilai US$70 miliar atau 40% dari total ekonomi digital ASEAN harus dimanfaatkan untuk win-win.

Nilai ekonomi digital terus tumbuh dan diperkirakan mencapai $146 miliar pada tahun 2025.

Salah satu sektor yang akan tumbuh signifikan sebesar 200% pada tahun 2020 adalah Edutech, yang diharapkan dapat mendorong pengembangan digital talent di masa depan melalui berbagai program seperti Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarships, dan Digital Leadership Academy.

Namun transformasi ekonomi membutuhkan koordinasi dan sinergi dengan semua pihak, termasuk perguruan tinggi. Perguruan tinggi juga dapat mendorong digitalisasi di semua program pembelajaran mahasiswa, apapun bidangnya.

Pengembangan talenta digital juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan digitalisasi UKM (bisnis kecil) dari Indonesia. Di era digital ini, generasi muda Indonesia harus bisa memanfaatkan talenta digitalnya untuk menjadi pencipta lapangan kerja sekaligus pencari kerja.

Kewirausahaan dan usaha kecil menengah (UKM) merupakan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di masa pandemi, namun saat ini tingkat kewirausahaan di Indonesia masih rendah, hanya 3,47% dari total penduduk, atau di bawah negara-negara maju dengan lebih dari 5%.

UKM sendiri masih menghadapi berbagai tantangan seperti inovasi dan teknologi, pembiayaan, sumber daya manusia, branding, pemasaran, legitimasi, standardisasi dan sertifikasi yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga:  Bawahan Erick Thohir meminta Ahok tidak bersikap seperti Dirut.

Seiring dengan semakin tertantangnya UMKM dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi di masa pandemi ini, UMKM harus mendigitalkan usahanya untuk melayani mereka dengan jaringan yang luas, cepat, efektif dan efisien.

“Pemerintah terus mendukung UMKM sebagai ekosistem ekonomi digital yang sangat penting dengan mengeluarkan perangkat kebijakan yang dapat memberikan manfaat optimal bagi UMKM,” kata Airlangga.

di antara

BACA JUGA: Pengacara Korban Binary Options Menduga 10 Afiliasi Besar Investasi Ilegal

Selalu up to date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Airlangga: Generasi Muda Penggerak Pertumbuhan Ekonomi di Era Sosial 5.0

Dari Situs Fikrirasy ID