Satu orang tewas akibat longsor Gunungsitoli

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Penghuninya meninggal terkubur di bawah rumah salju longsor Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 18 Desember 2021 di kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Selain satu orang tewas akibat longsor, dua warga juga mengalami luka-luka.

“Setelah kejadian itu hujan Pada Minggu, 19 Desember 2021, Abdul Muhari, Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, mengatakan dalam keterangan tertulis bahwa pihaknya telah memberikan pukulan ringan ke daerah tersebut.

Muhari mengatakan, hujan telah membanjiri beberapa wilayah. Banjir melanda tujuh desa di tiga kelurahan: Desa Boyo, Desa Mudik, Desa Pasa Gunungsitoli di Kecamatan Gunungsitoli, Desa Afia, Desa Sowu, Desa Hilimbowo Olora di Kecamatan Gunungsitoli Utara, dan Desa Bakaru di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Ketinggian banjir berkisar antara 1 hingga 2 meter.

Sementara itu, longsor melanda tiga wilayah, yakni kawasan Gunungsitoli, kawasan Gunungsitoli Barat, dan kawasan Gunungsitoli Alooa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunung Toli mengatakan sekitar 475 rumah tangga terpaksa mengungsi ke gereja dan balai kota terdekat. Walikota Gunung Sitoli telah menetapkan status darurat banjir dan longsor selama empat hari, terhitung sejak Sabtu, 18 Desember 2021 hingga Selasa, 21 Desember 2021 sebagai penanganan bencana banjir dan tanah longsor.

Komite Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk provinsi Sumatera bagian utara dengan kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang hingga Senin. 20 Desember 2021.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Satu orang tewas akibat longsor Gunungsitoli

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Orang Cina malas menikah dan punya anak, dan populasi mereka terancam!