Sandiaga Uno: 30% peningkatan kunjungan ke desa wisata

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kunjungan ke desa wisata meningkat 30% di saat sektor pariwisata lainnya mengalami kontradiksi.

“Kami bagikan beberapa data dari Grab. Kunjungan ke desa wisata meningkat 30% meski di masa pandemi. Jadi, bupati dan wakil bupati diharapkan mendorong aktivasi layanan di desa wisata. Network atau Jadesta.com” ujar. Ia mengatakan dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis saat menghadiri acara CollaborAksi Region 2 dengan perwakilan pemerintah daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga meminta perwakilan dari empat daerah: Sumba Barat, Sumba Timur, Malaka, dan Nusa Tenggara Timur di wilayah Berau Kalimantan Timur untuk mengembangkan kota wisata di wilayah tersebut.

Hal ini karena desa wisata memiliki potensi untuk menciptakan perekonomian Indonesia dan memperluas kesempatan kerja.

Baca juga: Dinas Desa, PDTT terus dukung desa wisata se-Indonesia.

Menparekraf juga memberitahu kepala daerah bahwa dia bisa membangun rumah di tempat tujuan wisata sebagai alternatif penginapan atau penginapan. homestay Sehingga menciptakan lapangan kerja.

homestay Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berkunjung ke kota wisata tersebut,” ujarnya.

Selain itu, dengan mengedepankan tradisi dan budaya lokal, kegiatan (event) digalakkan di masing-masing daerah.

“Bahkan banyak kegiatan kita ke depan akan difokuskan atau diinisiasi pada event-event. Jadi event-event di Sumba Timur, Sumba Barat, Malaka dan Berau harus dikembangkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Keluarga damai dengan pengemudi moge memukuli anak kembar

BACA JUGA: Ini Daftar Kota Wisata Peraih Penghargaan ADWI 2021.

Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Pemasaran Wakil Menteri Pemasaran (Kemenparekraf) Nia Niscaya meminta perwakilan daerah menyiapkan konten promosi pariwisata daerah untuk dipromosikan melalui akun media sosial milik Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif, antara lain @indtravel dan @ pesonaid_travel . .

Sebab, cara ini dinilai efektif dalam memasarkan produk pariwisata kepada wisatawan domestik dan ekonomi kreatif kepada wisatawan mancanegara.

“Saya akan memberi Anda dukungan yang lebih kuat dari Wakil Direktur Pemasaran. Jadi, kami meminta dukungan Anda dalam mempersiapkan dan menerbitkan konten video Komersial/Iklan Televisi (TVC) berdurasi 30 detik 1 menit secara digital. Media sosial kami akun,” kata Nia.

Sementara itu, Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Produk dan Event Organizer Pariwisata Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, mengatakan ke depan akan diidentifikasi kegiatan yang sesuai di desa wisata dan di setiap daerah yang dapat dikaitkan dengan ekonomi kreatif. .

Wartawan: M Baqir Idrus Alatas
Redaktur: Tolong Suyanto
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sandiaga Uno: 30% peningkatan kunjungan ke desa wisata

Dari Situs Fikrirasy ID