Profil KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU Periode 2021-2026

Fikrirasy.ID – Seiring dengan terpilihnya Gus Yahya sebagai Presiden Nahdlatul Ulama, KH Miftachul Akhyar terpilih sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Simak profil KH Miftachul Akhyar berikut ini.

Rais Aam dipilih berdasarkan hasil kajian Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA). Dari hasil musyawarah tersebut, KH Miftachul Akhyar terpilih kembali sebagai Rais Aam PBNU. Simak profil KH Miftachul Akhyar berikut ini.

Sebelum kita membahas profil KH Miftachul Akhyar lebih jauh, sebagian orang masih belum mengetahui apa itu Rais Aam. Rais Aam adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pemimpin tertinggi di lingkungan NU jam’iyah. Nama lengkapnya Rais Aam Syuriyah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ringkasan di halaman online baru, Rais Aam memiliki fungsi, wewenang dan tugas dalam jam’iyah.

Fungsi Rais Aam adalah sebagai ketua Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa), dimana secara kolektif semua keputusan syuriyah mengikat dan tunduk. Dengan Rais Aam dan gelar Moderator, secara tidak langsung PBNU akan memiliki dua “Moderator”.

Baca juga:
Rais Aam Terpilih PBNU, KH Miftachul Akhyar Mundur Sebagai Ketua MUI

Namun, perbedaan antara Rais Aam dan ketua umum adalah bahwa Rais Aam lebih dekat dengan syuriyah yang terdiri dari kiai utama NU. Di sisi lain, ketua umum lebih seperti tanfidziyah (eksekutif) yang terdiri dari manajer, seperti organisasi lainnya.

Baca Juga:  Pembunuhan Ilegal Transkrip FPI, Pakar DNA di RS Polri Temukan Banyak Noda Darah di Mobil

aku ingin tahu apa Profil KH Miftachul Akhyar .? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Latar Belakang KH Miftachul Akhyar

KH Miftachul Akhyar adalah anak dari KH Abdul Ghoni, pengasuh di Pondok Pesantren Akhlaq Rangkah Surabaya. Tak heran, anak kesembilan dari 13 bersaudara ini dibesarkan di lingkungan petani dan lingkar NU sejak kecil.

KH Miftachul Akhyar adalah penjaga Pesantren Miftachus Sunnah di Surabaya dan juga Presiden Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lahir pada tahun 1953 saat di NU, ia memegang beberapa posisi. Sebagai berikut:

Baca juga:
Pilih KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam PBNU

  • Rais Syuriyah PCNU Surabaya periode 2000-2005.
  • Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur 2007-2013, 2013-2018
  • Wakil Direktur Aam PBNU periode 2015-2020.

Dilansir dari berbagai sumber, KH Miftachul Akhyar diketahui pernah menimba ilmu di beberapa pondok pesantren ternama. Dimulai di Pondok Pesantren Tambak Beras Jombang, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan dan Pondok Pesantren Al-Anwar Lasem Sarang di Jawa Tengah.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Profil KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU Periode 2021-2026

Dari Situs Fikrirasy ID