Peringatan 100 tahun Ketua Anwar, Aku Pelacur yang akan diresmikan sebagai sampul baru

Merayakan 100 tahun penyair Cheryl Anwar pada 2022, Gramedia Pustaka Utama berencana menerbitkan kumpulan puisi I’m An Animal Bitch, beserta sampul baru untuk edisi khusus.

“Beberapa rencana termasuk menerbitkan I’m Bitch dengan sampul baru, edisi khusus, pembacaan puisi dengan penulis dan pembaca, dan ulasan buku secara online.” kata Pustaka Mirna Yulistianti dalam keterangan pers yang dikutip Selasa (11/1).

Ia mengatakan, rangkaian acara yang diselenggarakan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama akan berlangsung mulai April hingga Juli 2022.

Baca juga: Esai penghargaan komunitas yang diundang secara resmi oleh Komite Nobel

Putra dan penerus Cheryl, Evawani, juga telah dihubungi oleh penerbit dan menyambut baik perayaan tersebut.

“Dengan acara ini, kami ingin memberikan penghormatan kepada Cheryl, terutama untuk karyanya. Bukan mitos tentang dia atau hal lain yang melingkupi penyair. Hari ini kita bisa melihat puisi Cheryl di buku, mural, lagu, dan kaos. Pintu belakang yang terus menginspirasi semua orang. Ini adalah karyanya yang membuat Cheryl tetap hidup selama 1.000 tahun ke depan, ”katanya.

Diperkirakan Anwar telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Pada tahun 1942, dalam usia 20 tahun, ia menerbitkan puisi berjudul ‘Nissan’ dan mulai dikenal masyarakat.

Karya-karya monumentalnya antara lain Aku, Derai-Derai Cemara, Diponegoro, Twilight in the Little Harbor, dan Doa.

Pada tahun 1950, Anwar Cheril bersama Asrul Sani dan Rivai Apin menobatkan HB Jassin sebagai pelopor generasi ke-45 dan puisi kontemporer Indonesia atas prestasinya dalam sastra Indonesia.

Hari wafatnya Anwar Cheryl pada 28 April 1949 kemudian ditetapkan sebagai Hari Puisi Nasional. (Semut/OL-1)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Peringatan 100 tahun Ketua Anwar, Aku Pelacur yang akan diresmikan sebagai sampul baru

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Mantan Panglima TNI Jokowi Dilantik Panglima Lapangan MotoGP Mandalika 2022