Warga pesisir Flores Timur bergerak ke atas bukit untuk menghindari ancaman tsunami

Fikrirasy.ID – Warga pesisir Flores bagian timur mengungsi secara mandiri dan sementara pada Selasa (14/12) pascagempa di Laut Flores sekitar pukul 10.20 WIB, Selasa (14/12).

Agustinus Payong Boli, Wakil Perdana Menteri Flores Timur, NTT, mengatakan: “Masyarakat yang saat ini tinggal di wilayah pesisir utara daratan Larantuka dan Pulau Adonara sudah mulai pindah ke daerah yang lebih tinggi atau perbukitan untuk menghindari ancaman tsunami.”

Hal itu, kata dia, berkaitan dengan upaya mitigasi potensi tsunami dari gempa berkekuatan 7,5 SR di Laut Flores.

Agustinus mengatakan tsunami dapat mempengaruhi wilayah yang berpotensi terkena dampak di Flores Timur: Wulanggitan, Titehena, Lewolema, Tanjung Bung dan pantai utara Pulau Adonara, khususnya wilayah Adonara Adonara Barat.

Baca juga:
Setelah gempa, masyarakat Sellayar lari ke pegunungan ketika mendengar bahwa air laut sudah surut.

Ia mengatakan, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah mengimbau warga pesisir untuk mengungsi sementara ke tempat yang aman untuk menghindari ancaman tsunami.

“Sebagian besar warga mengungsi secara mandiri karena telah belajar dari pengalaman bencana tsunami 1992,” katanya.

Sebelumnya, BMKG melaporkan pada Selasa (14/12) pukul 10.20 WIB bahwa gempa berkekuatan 7,5 SR di Laut Flores, sekitar 112 km barat laut Larantuka, Flores Timur, berpotensi menimbulkan tsunami.

Stasiun Geofisika Kupang BMKG Margiono mengatakan, gempa tersebut berpotensi memicu tsunami yang dapat melanda NTT dan beberapa wilayah di Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Baca Juga:  Liga Champions 2021/22: Manchester United 2-0 Villarreal

Dia telah meminta warga di daerah yang berpotensi terkena dampak untuk memperkuat kewaspadaan mereka atau pindah ke tempat yang lebih aman untuk menghindari ancaman tsunami.

Baca juga:
Hindari tsunami dan izinkan warga pesisir Flores Timur mengungsi secara mandiri

Margiono juga telah meminta pemerintah daerah atau kota yang waspada untuk memerintahkan masyarakat segera mengungsi. [Antara]



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Warga pesisir Flores Timur bergerak ke atas bukit untuk menghindari ancaman tsunami

Dari Situs Fikrirasy ID