Presiden Jokowi Selesaikan Sumba Barat dan Bendungan Bintang Bano

Fikrirasy.ID, SUMBAWA BARAT — Presiden Joko Widodo menyelesaikan pembangunan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat di Negara Bagian Nusa Tenggara (NTB), Jumat (14/01/2022). Presiden berharap bendungan tersebut dapat mendukung ketahanan pangan dan mampu memenuhi kebutuhan air baku negara NTB.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana pada upacara penyelesaian Bendungan Bintang Bano adalah Perdana Menteri Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Sumbawa Barat Musyafirin.

“Kami berharap bendungan ini dapat mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di NTB, dan memenuhi kebutuhan air baku, terutama di daerah kering negara NTB,” kata presiden dalam sambutannya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa air adalah jantung dari ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan. Ini adalah dasar untuk pembangunan banyak bendungan di seluruh negeri.

“Bendungan Bintang Bano ini merupakan bendungan ke-29 yang kami selesaikan sejak tahun 2015. Insya Allah total 57 bendungan akan selesai di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2024,” kata Presiden Jokowi.

Dibangun sejak 2015 dan menelan biaya Rp 1,44 triliun, bendungan ini diketahui memiliki kapasitas 76 juta meter kubik dan luas genangan 256 hektar serta mampu memasok 6.700 hektar lahan persawahan.

Kali ini, Presiden Jokowi dan Iriana melepasliarkan ikan gabus dan menaiki perahu di bendungan.

Presiden terlihat mendayung perahu dengan beberapa pendayung di perahu yang sama.

Sebelum kembali ke Kabupaten Lombok Tengah, Presiden dan Ny. Iriana menyempatkan diri untuk menanam pohon jambu di kawasan Bendungan Bintang Bano.

Pengarang : wow lintang

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Presiden Jokowi Selesaikan Sumba Barat dan Bendungan Bintang Bano

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment