Kondisi gedung memprihatinkan, gedung baru SMKN 4 mengancam keselamatan siswa dan guru

Fikrirasy.ID, SINJAI — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Sinjai yang terletak di Desa Pulau Harapan Kecamatan Pulau Sembilan dalam kondisi memprihatinkan.

Pasalnya, dinding, ruang kelas belajar (RKB) dan langit-langit kantor mulai lapuk sehingga membahayakan siswa dan guru yang melakukan proses pembelajaran tatap muka (PTM).

Irma, salah satu guru SMKN 4, mengaku orang tua siswa mengeluhkan kondisi gedung sekolah.

Menurutnya, hampir semua orang tua siswa mengeluhkan keselamatan anaknya selama belajar di gedung yang terancam keselamatannya.

“Orang tua siswa sering menegur kami (guru) atas kondisi gedung sekolah yang sangat mengancam keselamatan proses belajar mengajar. Padahal, ketika terjadi insiden di sekolah, guru juga bertanggung jawab, jadi bukan hanya orang tua tapi kami (guru) juga prihatin dengan keadaan ini,” ujarnya kemarin (13/1/2022) Kamis.

Rivaldi, salah satu siswa Kelas XII, juga mengaku berhati-hati saat mengikuti proses belajar mengajar. Karena plafon RKB sudah terbuka kecuali tembok sekolah yang sudah lapuk.

Rivaldi juga berharap pemerintah daerah terkait segera memperbaiki gedung SMKN 4 demi keselamatan siswa dan guru.

“Kami (siswa) selalu resah saat mengikuti PTM, dan bukan hanya tembok sekolah yang rusak, tapi juga sebagian plafonnya terbuka. Kami berharap pemerintah terkait segera mengambil tindakan korektif. Karena satu-satunya solusi adalah perbaikan.”

Sementara itu, Direktur UPT SMKN 4 membenarkan kepada media bahwa puluhan siswa sedang belajar di gedung yang kondisinya sudah ambruk karena gedung dan penyangganya sudah tua dan rusak.

Baca Juga:  Basket IBL 2022 Rilis 15 Januari, PP Perbasi Masih Bahas Kehadiran Penonton

“Sebenarnya gedung belajar kami dan kantor kami yang ada (SMKN 4) akan runtuh, tetapi kami membuat proposal dan mengajukannya ke Dinas Pendidikan, tetapi tidak ada jawaban, jadi kami menunggu.

Kerusakan serius pada tembok kota terus berlanjut bahkan sebelum pandemi COVID-19. Kami berharap pihak sekolah kabupaten/kota setempat yang membawahi SMA sederajat menanggapi keluhan kami (SMKN 4) Sinjai,” kata Baharuddin, Direktur UPT SMKN 4 Sinjai.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kondisi gedung memprihatinkan, gedung baru SMKN 4 mengancam keselamatan siswa dan guru

Dari Situs Fikrirasy ID