3.900 warga Selayar dievakuasi setelah diguncang gempa berkekuatan 7,4 SR.

Fikrirasy.ID – 3.900 warga Kabupaten di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, terpaksa mengungsi setelah gempa berkekuatan 7,4 Fikrirasy.ID richter dan serangkaian gempa susulan melanda Laut Flores timur Nusa Tenggara mulai Selasa. (14/12).

Pj Direktur Pusat Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Nasional mengatakan, hingga Rabu (15/12), berdasarkan laporan BPBD Kepulauan Selayar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Selayar, terdapat 17 shelter yang tergolong dari total jumlah korban. Dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Rabu (15/12) malam, Abdul Muhari dari Biro Manajemen (BNPB) mengatakan.

Rinciannya antara lain 6 cabang di Mintu’u, 2.200 orang, 1 cabang di Puncak Majapahit, 250 orang, 1 cabang di Langundi, 50 orang, 6 orang di Lambego, 900 orang, 3 cabang di Lawaru, 500 orang, 30 cabang, dll. Pasimaranu dengan jumlah pengungsi masih dalam pendataan.

Selain itu, 11 orang terkena dampak puing-puing bangunan yang rusak akibat gempa. Sedangkan 10 orang luka-luka dan 1 orang luka berat.

Baca juga:
NTB diguncang gempa di pusat gempa barat laut Pulau Sarang

“Semua warga yang terluka mendapat perawatan intensif,” kata Abdul.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Sikka melaporkan jumlah pengungsi berkurang menjadi 226 orang. Mereka masih tercatat sebagai shelter di kantor Bupati Kabupaten Sikka.

Mereka yang sebelumnya mengungsi dari kantor DPRD Kabupaten Sikka dan gedung COSIQ kembali ke rumah masing-masing.

Baca Juga:  Del Piero menjulurkan lidah Vlahovic dan menyoroti selebrasi tersebut.

Menyikapi kemungkinan gempa susulan yang sewaktu-waktu bisa terjadi, BNPB mengimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah terdampak untuk tetap waspada dan tidak panik.

Ia melanjutkan, “Lingkungan juga perlu melihat kondisi rumah masing-masing. Jika ada kerusakan seperti dinding retak, langit-langit atap goyah, kolom patah, dll, Anda tidak boleh tinggal di rumah untuk sementara waktu.” Mereka bisa mengungsi ke kerabat, kerabat, dan tempat evaluasi sementara,” katanya.

Baca juga:
Ada 267 gempa susulan dari gempa Laut Flores.

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak percaya pada misinformasi atau penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Informasi terkait gempa bumi dan potensi bencana lainnya harus terus diperbarui hanya melalui BMKG, BNPB, BPBD setempat dan organisasi terkait.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 3.900 warga Selayar dievakuasi setelah diguncang gempa berkekuatan 7,4 SR.

Dari Situs Fikrirasy ID