Nadiem: Banyak program di tahun 2022 untuk meningkatkan kualitas guru

tapi untuk benar-benar melayani

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan pihaknya telah menyiapkan banyak program untuk meningkatkan kualitas guru mengajar siswa pada 2022.

“Semua guru di seluruh Indonesia bekerja karena panggilannya. Bukan untuk uang, bukan untuk mencari pekerjaan tetap. Tapi itu benar-benar melayani. Bapak ibu, tahun depan kita akan launching berbagai program untuk guru,” kata Nadiem di acara Puncak Hari Guru Nasional 2021 di Jakarta, Kamis.

Sebagai bentuk apresiasi atas kekuatan guru di tengah pandemi COVID-19, NaDM menjelaskan akan memberikan program dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti laptop dan proyektor, serta membuka berbagai platform teknologi. Mendukung kegiatan pendidikan.

Selain itu, akan dibuka berbagai jenis pelatihan online dimana guru dapat mengikuti secara mandiri sesuai dengan kemampuannya.

“Ini bisa diikuti secara mandiri oleh guru sesuai dengan kemampuannya. Bukan hanya belajar teori praktis dari guru untuk guru,” kata Nadiem.

Kemendikbudristek juga akan menawarkan kurikulum yang jauh lebih mandiri yang saat ini sedang dalam tahap uji coba di beberapa sekolah penggerak.

Baca juga: Nadiem: Terima kasih atas kekuatan guru dalam menyampaikan pembelajaran.

Baca Selengkapnya: Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Memulihkan Pendidikan Pasca Gempa dan Pandemi COVID-19

Menurut Nadiem, kurikulum yang akan disusun mudah dipahami oleh guru karena sesuai, praktis dan fleksibel bagi guru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswanya.

Baca Juga:  Aryo Pamungkas: Kekuatan Amal

Kurikulum juga dirancang untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah.

“Jadi, kurikulum yang kita berikan tahun depan tanpa mengubah kurikulum adalah kurikulum yang memberikan kemandirian guru lagi,” kata Nadiem.

Dalam pertemuan itu, Nadiem mengatakan akan terus fokus membantu guru honorer mendapatkan kesejahteraan melalui rekrutmen tes seleksi PPPK (P3K).

Melalui seleksi ini, semua guru honorer akan mengikuti ujian dan lulus pelatihan untuk lebih meningkatkan kualifikasi guru.

“Ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan tahun depan. Tolong tunggu sebentar. Tapi pertama-tama, saya mendesak semua kepala departemen sekolah tatap muka untuk segera menerapkannya.”

BACA JUGA: Dua Hadiah dari Nadiem Makarim untuk Guru

Baca Juga: Kemendikbud Ajak Tenaga Pendidikan Berkolaborasi Ciptakan Epidemi Laboratorium

Reporter: Hereloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
HAK CIPTA © Antara 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Nadiem: Banyak program di tahun 2022 untuk meningkatkan kualitas guru

Dari Situs Fikrirasy ID