Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pariwisata optimistis SDM Indonesia Timur akan menghidupkan kembali ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pariwisata optimistis SDM Indonesia Timur akan menghidupkan kembali ekonomi kreatif.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis sumber daya manusia Indonesia bagian timur dapat mendukung kebangkitan ekonomi kreatif.

Sandiaga mengatakan, pandemi COVID-19 menuntut seluruh masyarakat Indonesia untuk berinovasi, beradaptasi, dan bekerja sama untuk melihat peluang besar, terutama di kawasan timur Indonesia.

Sumber daya manusia khususnya, saya optimis sumber daya manusia teman-teman kita di Indonesia timur luar biasa dan dapat menjadi bagian dari kebangkitan 34 juta orang Indonesia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kata Sandiaga dalam webinar, Jumat.

Selengkapnya: Sandiaga berharap CHSE menjadi standar terdepan dalam pelayanan sektor pariwisata.

Untuk dapat bersaing, Anda membutuhkan semangat untuk menghadapi tantangan Transformasi Digital 4.0. Selain itu, ide-ide orisinal dapat menjadi penggerak baru bagi ekonomi kreatif.

“Kami harus bertahan, tetapi kami harus memiliki kebangkitan dan rasa bangga. Sesuatu yang unik, unik, terbarukan, dan dimiliki oleh setiap individu dikatakan sebagai sumber utama kreativitas,” kata Sandiaga.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selalu berupaya mendukung pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Generasi muda diharapkan dapat mengembangkan potensi unggulan di daerahnya masing-masing, termasuk mensukseskan gerakan Bangga Buat Indonesia.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dukung Jakarta Desert Week 2021

Sandiaga mengatakan, “Jadi ini yang ingin saya ajak. Anak-anak Indonesia Timur, mari kita kembangkan sektor yang berpotensi menyerap banyak tenaga kerja dan menghidupkan kembali perekonomian Indonesia Timur,” kata Sandiaga.

Calon pengembang ekonomi kreatif harus melihat peluang, menciptakan produk asli, memiliki target pasar, dan mampu mendigitalkan jika ingin bersaing dengan produk luar negeri.

Selain itu, pelaku ekonomi kreatif harus mau berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi untuk mengembangkan dan meningkatkan keunggulan produknya.

“Digitalisasi adalah yang terpenting,” kata Sandiaga. “Saya akan terus memberikan motto 3G, bergerak cepat, bergerak bersama dan gaspol dan gaspol bekerja secara maksimal secara online”, kata Sandiaga.

Baca Selengkapnya: Sandiaga: Pembenahan KEK Tanjung Lesung akan meningkatkan kinerja industri kreatif.

Baca juga: “Geber Parekraf Peduli” divaksinasi 701.989 orang.

Selengkapnya: Sandiaga: Sepanjang tahun 2021 banyak prestasi di industri kreatif yang patut disyukuri.

Reporter: Maria Sisilia
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pariwisata optimistis SDM Indonesia Timur akan menghidupkan kembali ekonomi kreatif.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment