Komitmen Penguatan Peran Komite VIII DPR BNPB

INFO NASIONAL- Komite VIII Kerja Perkuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bahkan, Komite VIII DPR berencana memperkuat BNPB baik dari sisi kelembagaan atau kebijakan maupun dari sisi anggaran.

Ketua Komite VIII DPR Yandri Susanto mengatakan dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komite VIII DPR yang baru dilantik: “Kami tekankan bahwa Komite VIII terus bekerja untuk memperkuat BNPB, dimulai dari pimpinan dan seluruh anggotanya, Direktur.” BNPB., Suharyanto, Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta, Senin 13 Desember 2021.

Menurutnya, seiring dengan berlanjutnya bencana dan bencana dalam negeri, pembahasan sedang dilakukan untuk merevisi UU Penanggulangan Bencana guna memperkuat peran BNPB. “Kami (Panitia VIII) sepakat bahwa kami tidak ada yang melemahkan BNPB karena kami adalah supermall bencana,” katanya.

Yandri juga berharap sikap dan komitmen Komite VIII DPR tidak perlu diragukan lagi oleh Direktur BNPB Suharyanto. “Kami hanya melakukannya sekali. Kami harus benar-benar mengabdi kepada negara dan negara kami, dan kami harus melakukan apa yang kami lakukan, kami lakukan, kami lakukan,” katanya.

Hal senada diungkapkan anggota Komite VIII DPR Inna Amaniah. Politisi PDI-Perjuangan mengatakan Indonesia telah menjadi bencana “supermarket”. Karena itu, BNPB tidak mungkin bisa lepas, yang partainya harus fokus pada bencana.

“Misalnya kalau ada BNPB, maka sebagai warga negara, saya sangat sadar bahwa Indonesia terdiri dari pulau-pulau dan pegunungan serta bencana non alam lainnya yang harus kita tanggapi bersama. Bencana Gunung Semeru memberi kami kekuatan untuk membela BNPB,” kata Inna.

Baca Juga:  BPBD DKI imbau warga waspadai gelombang tinggi di Teluk Jakarta hingga Minggu pagi

Sebelumnya, dalam rapat kerja Komite VIII DPR dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini, terungkap BNPB tidak masuk dalam nomenklatur UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Perubahan Penanggulangan Bencana (PB). Saat itu, Menteri Sosial menjelaskan bahwa tidak adanya BNPB tidak melemahkan sistem.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Komitmen Penguatan Peran Komite VIII DPR BNPB

Dari Situs Fikrirasy ID