Gunung Merapi, Kondisi Siaga Terlama, Sultan: Jalur Evakuasi Harus Disiapkan

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – letusan Gunung Merapi Yang terjadi saat ini adalah kondisi aktivitas vulkanik tahun lalu tidak berubah. Status aktivitas Merapi Siaga atau Level III mulai 5 November 2020 hingga saat ini.

Gubernur Daerah Istimewa Sri Yogyakarta mengatakan, “Letusan (loncatan) Gunung Merapi masih aktif (terjadi) dan ini mungkin merupakan keadaan menunggu paling lama.” Sultan Hamengkubuwono X, Senin, 13 Desember 2021.

Sultan mengamati hasil pemutakhiran berkelanjutan yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), aktivitas erupsi masih terjadi hampir setiap hari. Berupa longsoran dan awan panas lava pijar. Artinya substansi (limbah Merapi) masih mengalir dan tidak bisa diturunkan, kata Sultan.

Dengan kondisi atmosfer yang belum turun, Sultan meminta pemerintah daerah tetap waspada, terutama saat menghadapi kemungkinan terburuk, terutama melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Jalur evakuasi warga harus disiapkan dengan baik dan itu yang terpenting,” kata Sultan.

Pada Minggu, 12 Desember 2021, video Gunung Merapi menyemburkan awan panas menjadi viral di media sosial.

Perwakilan BPPTKG Yogyakarta Hanik Humadea, Minggu, mengatakan terpantau awan panas longsor dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya dan jumlah lava pijar 21 kali lipat ke arah barat daya dengan jarak luncur hingga 1.800 meter. “Tingkat aktivitas di Gunung Merapi masih level III atau waspada,” kata Hanik.

Untuk membaca:
Kubah tengah kawah Gunung Merapi tembus 3 juta meter kubik

selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Gunung Merapi, Kondisi Siaga Terlama, Sultan: Jalur Evakuasi Harus Disiapkan

Baca Juga:  CEO Twitter resmi Jack Dorsey akan mengundurkan diri.

Dari Situs Fikrirasy ID