Donasi loot senilai Rp 185,1 miliar

zawafos.com – Pemerintah mengoptimalkan pengelolaan barang milik negara (BMN) agar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. BMN termasuk jarahan dan tip.

Purnama Sianturi, Direktur Pengelolaan Barang Milik Negara dan Sistem Informasi Barang Milik Negara (DJKN) Departemen Keuangan, mengatakan manfaat pengelolaan dapat dicapai melalui hibah atau penetapan status pakai (PSP). Pengelolaannya melibatkan beberapa kementerian/lembaga. Dengan kata lain, Kementerian Keuangan, Kementerian Kehakiman RI, dan Kejaksaan Militer telah diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Pada sita negara tahun 2021, subsidi BMN ke berbagai pemerintah daerah sebesar Rp 108,8 miliar. Sedangkan pada tahun 2021 nilai PSP untuk BMN dari barang sitaan ke berbagai kementerian/lembaga sebesar Rp 76,25 miliar. Jadi totalnya adalah Rp 76,25 miliar. Rp 185,1 miliar,” katanya.

Purnama melanjutkan, kinerja manajemen BMN hasil tip 2021 itu membawa nilai lelang Rp 401,84 juta. Total nilai BMN PSP yang diterima sebagai tip adalah Rp 187,24 juta.

Kewenangan tindak lanjut penatausahaan BMN akan dilakukan secara bertahap kepada unit kerja DJKN, dengan batasan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Harta benda milik negara dengan nilai wajar hingga Rp 1 miliar itu diserahkan kepada Direktur Kantor Pelayanan Real Estate dan Lelang Negara (KPKNL). Sementara BMN senilai Rp 1 miliar hingga di atas Rp 5 miliar telah dilimpahkan ke kantor wilayah DJKN.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Donasi loot senilai Rp 185,1 miliar

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Perhutani Ikuti Webinar Perkebunan dan Hutan Virtual Expo 2021