Jika Anda ingin tidur yang berkualitas, makanlah jenis makanan dan minuman ini.

Ada kepercayaan bahwa makanan dan minuman tertentu dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Apakah itu benar?

Faktanya, diet Anda memengaruhi pola tidur Anda karena memengaruhi hormon tidur melatonin. Misalnya, makanan yang kaya akan asam amino esensial triptofan sering dikatakan membantu tidur karena triptofan membantu memproduksi melatonin. Selain itu, beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin D, magnesium, dan seng, juga dapat membantu tidur.

Jadi, makanan dan minuman apa yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak? dilaporkan dalam percakapan.com, Jumat (17/12), makanan dan minuman yang terbukti secara ilmiah membantu Anda tidur.

1. Ikan berminyak atau ikan berminyak
Ada beberapa bukti bahwa makan lebih banyak ikan berminyak, seperti salmon dan herring, membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ikan berminyak mengandung lemak sehat seperti minyak omega-3, yang meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak dan terlibat dalam sekresi serotonin. Serotonin, bahan kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati, juga mengatur siklus tidur-bangun, yang dapat menjelaskan bagaimana makan ikan berminyak dapat membantu.

2. Kue Ceri
Banyak penelitian telah menyelidiki konsumsi ceri asam (biasanya dalam bentuk minuman) untuk meningkatkan kualitas tidur. Bukti menunjukkan bahwa ceri asam meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua, mungkin karena kemampuan mereka untuk meningkatkan kadar melatonin. Selain itu, buah ceri asam juga kaya akan nutrisi, termasuk magnesium, yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Susu hangat
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1970-an menemukan bahwa segelas susu hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian ini dilakukan dengan kelompok yang sangat kecil dan sedikit yang telah dilakukan sejak saat itu. Minum susu meningkatkan kadar melatonin, yang mungkin bisa membantu.

Baca Juga:  DPR Evaluasi Kasus Omicron di Wisma Atlet Dalam Kedatangan Luar Negeri

4. Teh
Teh hijau bebas kafein telah dilaporkan dapat meningkatkan kualitas tidur, yang mungkin terkait dengan sifat santai dari asam amino yang dikandungnya, L-theanine. Jika Anda menyukai minuman herbal, ini bisa menjadi bagian dari waktu tidur yang menenangkan.

Selain makanan dan minuman tersebut, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan menjaga pola tidur yang baik, menjauhkan kamar tidur Anda, dan memiliki rutinitas waktu tidur yang nyaman. (M-4)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Jika Anda ingin tidur yang berkualitas, makanlah jenis makanan dan minuman ini.

Dari Situs Fikrirasy ID