DPR Evaluasi Kasus Omicron di Wisma Atlet Dalam Kedatangan Luar Negeri

Jakarta, CNN Indonesia —

anggota Komite IX DPR RI Evaluasi hasil kasus pertama varian Covid-19 Omikron Petugas kebersihan Wisma Atlet RSDC tertular dari orang luar negeri.

Saleh Partaonan Daulay, anggota Komite IX DPR RI Fraksi PAN, meyakini hal itu karena menurutnya pengurus Wisma Atlet yang terjangkit belum pernah ke luar negeri. Oleh karena itu, kasus akan diteruskan ke luar Gerai Wisma kecuali Anda adalah pasien lain yang sedang dirawat di Wisma.

“Saya kira pengurusnya belum pernah ke luar negeri. Jadi kalau tertular pasti dari orang yang pernah dirawat di sana. Atau bisa juga dari luar wisma.” Fikrirasy.ID, Kamis (16/12).

Melihat hal itu, pemerintah segera meminta pemeriksaan dan tindak lanjut. Menurut Saleh, langkah ini harus segera diambil mengingat varian Omicron dinilai memiliki tingkat transmisi yang lebih tinggi dibandingkan varian lainnya.

“Nah, itu perlu verifikasi. Butuh testing dan tracking untuk menemukan peta sebarannya. Varian omicron ini lebih berbahaya, jadi jelas perlu penanganan lebih,” katanya.

Seperti Saleh Daulay, Wakil Ketua IX DPR RI, Melki Laka Lena menduga virus corona varian Omicron masuk ke Indonesia melalui pesawat atau melalui orang yang baru tiba dari luar negeri.

Menurut dia, orang tersebut menginfeksi petugas kebersihan di RS Wisma Atlet Jakarta berinisial N.

“Tentu saja Omicron masuk ke tanah air melalui agen pembersih Wisma Atlet, kemungkinan besar penularannya melalui jalur udara, dalam hal ini Melki baru saja pulang dari luar negeri dan mungkin membawa virus Omicron. Fikrirasy.ID, Kamis (16/12).

Baca Juga:  Badai Corona mereda, Singapura melonggarkan pembatasan sosial

Atas dasar itu, Melki meminta pemerintah memperkuat pengawasan terhadap saluran masuk udara. Menurutnya, pengujian (testing) dan pelacakan (case tracking) harus diperluas ke seluruh Indonesia.

“Deteksi lebih banyak masih akan banyak, dan akan lebih cepat terutama di pintu masuk untuk orang asing atau warga negara Indonesia yang baru datang. Kemudian kita perlu memperluas pengujian dan pelacakan secara nasional,” kata Melki.

Lebih lanjut, politisi Golkar itu melanjutkan, pemerintah harus memastikan komponen masyarakat RT dan RW, serta satgas (tugas) tingkat lokal, regional, atau kota bekerja sama hingga ke desa dan kelurahan. Untuk mencegah penyebaran Omicron di Nusantara.

Menurut dia, untuk mencapai co-immunity dalam situasi di mana varian Omicron COVID-19 telah masuk ke Indonesia, kinerja program vaksin perlu ditingkatkan.

Saleh juga meyakini bahwa pemerintah dapat lebih mempersiapkan potensi penyebaran strain Omicron di Indonesia. Pemerintah dapat belajar dari negara lain yang sudah menghadapi tekanan Afrika Selatan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita asumsikan siap. Bukannya kita siap untuk varian delta. Kita berharap satgas bisa menyalurkan kasus Omicron agar tidak meluas,” ujarnya.

Seorang petugas kesehatan dari Wisma Atlet, Jakarta, berinisial N dan sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus corona jenis omicron, COVID-19. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Kamis (15/12).

“Tadi malam, Kemenkes mengidentifikasi pasien dengan N awal Omicron pada 15 Desember 2021,” kata Menkes Budi kepada wartawan. Kami telah memverifikasi data, dan ini adalah data sekuensing mikron.”

Jokowi mengimbau masyarakat tidak panik dengan ditemukannya varian omicron ini. Menurutnya, galur baru itu tidak menunjukkan ciri-ciri berbahaya bagi pasien, terutama yang sudah divaksinasi.

(mts, thr/anak)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel DPR Evaluasi Kasus Omicron di Wisma Atlet Dalam Kedatangan Luar Negeri

Dari Situs Fikrirasy ID