Ini adalah uang ‘goresan’ yang dijual dengan harga yang keterlaluan di tahun 1990-an.

Jakarta, CNBC Indonesia – Di Indonesia, koin terutama digunakan untuk membayar parkir dan memo. Tapi sekarang, perhatikan baik-baik sebelum menggunakannya. Artikel bisa membuat koin yang Anda miliki dihargai selangit.

Apalagi peminat uang koin rupiah kuno yang disebut juga jadul itu semakin bertambah hingga saat ini. Anda akan menemukan bahwa jenis uang ini banyak diperdagangkan di beberapa pasar.

Salah satu yang paling laris terjual adalah tahun 1990 berturut-turut dalam mata uang dengan nilai nominal Rp. 1000. Harga jual bervariasi. Mulai dari Rp 45 juta hingga Rp 100 juta. Melihat deskripsi yang tercantum, perbedaan harga menunjukkan kualitas koin.

Selain itu, uang logam perak 500 rupiah atau 500 rupiah keluaran tahun 1992 dijual dengan harga selangit. Uang dengan bunga melati emas kuning adalah Rp. Dijual dengan harga 100 jutaan.

Selain itu, uang logam Rp 100 bentuk wayang dan rumagadang tahun 1978 juga dibanderol dengan harga Rp 100 juta. Tak heran, koin-koin ini sangat disukai para kolektor karena bernilai ratusan juta dolar dan tiba-tiba bisa mengubah pemiliknya menjadi kesultanan.

Salah satunya Johannes Dickey (23 tahun), yang hobi mengoleksi uang logam kuno sejak Sekolah Dasar (SD). Ketertarikannya pada mata uang kuno dimulai ketika dia suka menerima ‘ang pao’ dari keluarga dan rekan-rekannya.

Tidak seperti anak-anak lain yang biasanya menghabiskan uang, Johannes justru menyimpan sebagian dari uang yang diperolehnya. Selama ini uang merupakan bagian dari beberapa koleksi.

Dari semua seri Rupiah yang diterbitkan, dia mengaku sudah memiliki semuanya. Oleh karena itu, tidak heran jika investasi untuk mengumpulkan uang kuno dari hobinya itu mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Johannes mengatakan, “Investasi yang saya kumpulkan sejak saya masih kecil mungkin berkisar antara 300 juta hingga 400 juta rupiah.”

Pria yang kini tinggal di Purwokerto ini mengaku banyak menerima uang kuno dari sesama warga. Atau pada umumnya ketika saya tinggal di Yogyakarta, saya menemukan beberapa koin kuno di Pasar Klitikan Yogyakarta.

Johannes mengatakan dalam pengalamannya sendiri bahwa mata uang kuno yang paling dicari di kalangan kolektor adalah gulden kolonial Belanda. Antara masa pra-kemerdekaan Indonesia atau era pra-1945 dalam rangkaian tahun 1930-an.

Selain itu, rupiah yang paling banyak dicari adalah rupiah yang sengaja dicetak oleh bank sentral pada hari-hari tertentu. Namun, dia mengaku sulit mendapatkan monumen khusus untuk RI di masa lalu.

‚ÄúPada umumnya mata uang yang paling banyak dicari pada zaman Belanda adalah mata uang yang dikeluarkan pada tahun 1930-an, dan mata uang jenis wayang ini sangat langka. Mata uang Jepang juga cukup langka. Jika rupiah adalah mata uang yang paling banyak dicari, itu adalah mata uang peringatan,” jelas Johannes.

Semakin langka barangnya, semakin mahal harganya. Harga per lembar atau koin barang langka bisa beli mobil baru Toyota atau Honda.

[Gambas:Video CNBC]

(Halaman/Halaman)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ini adalah uang ‘goresan’ yang dijual dengan harga yang keterlaluan di tahun 1990-an.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment