Harga koin ‘Kerokan’ ini adalah 100 juta rupee dan Anda tiba-tiba menjadi kaya.

Jakarta, CNBC Indonesia – Koin jadul atau alias kuno masih menjadi incaran banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ia juga diketahui mencapai ratusan juta dolar di beberapa daerah.

John Dicky, 23 tahun, sudah hobi mengoleksi uang logam kuno sejak Sekolah Dasar (SD). Ketertarikannya pada mata uang kuno dimulai ketika dia suka menerima ‘ang pao’ dari keluarga dan rekan-rekannya.

Tidak seperti anak-anak lain yang biasanya menghabiskan uang, Johannes justru menyimpan sebagian dari uang yang diperolehnya. Selama ini uang merupakan bagian dari beberapa koleksi.

Dari semua seri Rupiah yang diterbitkan, dia mengaku sudah memiliki semuanya. Oleh karena itu, tidak heran jika investasi untuk mengumpulkan uang kuno dari hobinya itu mencapai ratusan juta rupiah.

Yohanes mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC Indonesia, “Saya telah membesarkan sejak saya masih kecil, jadi investasinya bisa berkisar antara 300 juta hingga 400 juta rupiah.”

uang kuno.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Uang kuno. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
uang kuno. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Pria yang kini tinggal di Purwokerto ini mengaku banyak menerima uang kuno dari sesama warga. Atau pada umumnya ketika saya tinggal di Yogyakarta, saya menemukan beberapa koin kuno di Pasar Klittican Yogyakarta.

Johannes mengatakan dalam pengalamannya sendiri bahwa mata uang kuno yang paling dicari di kalangan kolektor adalah gulden kolonial Belanda. Antara masa pra-kemerdekaan Indonesia atau era pra-1945 dalam rangkaian tahun 1930-an.

Selain itu, rupiah yang paling banyak dicari adalah rupiah yang sengaja dicetak oleh bank sentral pada hari-hari tertentu. Namun, dia mengaku sulit mendapatkan monumen khusus untuk RI di masa lalu.

“Pada umumnya mata uang yang paling banyak dicari pada zaman Belanda adalah mata uang yang dikeluarkan pada tahun 1930-an, dan mata uang jenis wayang ini sangat langka. Mata uang Jepang juga cukup langka. Jika rupiah adalah mata uang yang paling banyak dicari, itu adalah mata uang peringatan,” jelas Johannes.

uang kuno.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Uang kuno. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
uang kuno. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Semakin langka barangnya, semakin mahal harganya. Harga per lembar atau koin barang langka bisa beli mobil baru Toyota atau Honda.

Baca Juga:  Ombudsman Mengumumkan Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik Pemerintah

“Belanda bisa membeli satu wayang seri. Sekarang masih diperdagangkan ratusan juta dolar per saham. Jarang mereka memiliki satu, jadi mereka sangat tidak mungkin untuk menerbitkan atau menjualnya,” katanya.

“Jika rupiah yang Anda cari adalah uang kertas barong Bali 10.000 won, cukup sulit untuk menemukannya, dan harganya bisa berkisar dari jutaan hingga ratusan juta dolar tergantung kondisi. Lebih mahal lagi, seri hewan tahun 1970-an memiliki fitur gambar banteng, harga antara 60 sampai 70 juta. Tentang rupiah,” kata Johannes.

Sedangkan menurut Johannes, uang tahun 1990-an, seperti lukisan orangutan 500 rupee, belum cukup tinggi untuk dijadikan investasi.

Yohanes sendiri kini memiliki seluruh mata uang Rupiah, mulai dari mata uang kuno hingga edisi khusus terbaru yang dikeluarkan langsung oleh Bank Indonesia dalam jumlah terbatas.

“Saya sudah memiliki (memiliki) hampir seluruh Rupiah sejak pembebasan, tetapi hanya sedikit yang mahal. Anda tidak bisa memasukkannya dengan murah ke dalam album karena perawatannya harus berbeda. Uang,” kata Johannes.

Pengakuan pria kelahiran 1 Agustus 1998 ini, saat mengoleksi uang logam kuno, barang termahal yang pernah dibelinya adalah uang edisi khusus terbaru yang langsung dilelang oleh Bank Indonesia (BI), Rp. Saya membelinya seharga 27. juta.

Uang yang dibeli seharga 27 juta rupiah adalah uang yang diikat menjadi dua lembar atau lebih sehingga uang kertas itu sengaja dicetak tanpa memotong kertasnya.

Flipchart, meskipun merupakan mata uang legal, sengaja dicetak dalam jumlah terbatas untuk konsumsi kolektor.

“Yang paling mahal yang pernah saya beli dan rencana kemarin adalah Rp 27 juta. Itu dilelang oleh BI bermitra dengan Balai Lelang di Jakarta. Satu Plano berisi 40 lembar uang dan nominalnya Rp 4 juta, tapi seperti selembar kertas . Saya antri Rp100.000 per lembar, tapi tidak dipotong-potong,” ujarnya.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Harga koin ‘Kerokan’ ini adalah 100 juta rupee dan Anda tiba-tiba menjadi kaya.

Dari Situs Fikrirasy ID