BMKG mengingatkan beberapa wilayah hujan lebat dan angin kencang

Fikrirasy.ID.CO, JakartaKomite Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat pada Selasa, 28 Desember 2021 tentang kemungkinan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprediksi wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga lebat disertai petir dan angin kencang adalah Bali, Benkulu, Banten, dan DKI Jakarta.

Juga Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku. Kemudian Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan pentingnya pengelolaan air saat menghadapi cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.

Dia mengatakan, pemerintah harus mempersiapkan berbagai skenario, mulai dari risiko terendah hingga skenario terburuk dengan risiko tertinggi. Pasalnya, menurut Kepala BMKG, pola cuaca ekstrem di Indonesia saat ini jauh lebih sering terjadi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Siklonik sangat jarang terjadi di daerah tropis seperti Indonesia,” kata Dwikorita, “tetapi siklon tropis semakin sering terjadi selama satu dekade terakhir. Ini menunjukkan bahwa dampak perubahan iklim itu nyata.”

BMKG mengatakan, Indonesia biasanya hanya terkena dampak dari ekor siklon, tetapi sekarang benih siklon muncul dan terbentuk di wilayah Indonesia. kritis, badai tropis Seroja menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor di NTT (Nusa Tenggara Timur) pada April 2021.

Untuk membaca: DPR NU Rekomendasikan RUU Perubahan Iklim Pemerintah-DPR



Terimakasih Ya sudah membaca artikel BMKG mengingatkan beberapa wilayah hujan lebat dan angin kencang

Baca Juga:  DFSK Luncurkan Seri SF5 di Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID