Hadirin sekalian, ada peraturan baru mulai tahun 2022. Panggilan bangun adalah wajib.

Jakarta, CNBC Indonesia – Memasuki awal tahun 2022, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah untuk mengadakan rapat pagi secara rutin setiap hari Senin.

PANRB mengumumkan di situs resmi PANRB pada hari Sabtu (1st) bahwa “Instansi pemerintah merekomendasikan membawa apel setiap Senin pagi mulai Senin pagi, 3 Januari 2022, hari pertama kerja di 2022.” 1 Januari 2022).

Peraturan ini diharapkan mulai berlaku pada awal 2022. Tjahjo mengatakan dalam suratnya bahwa aksi unjuk rasa pagi itu dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan kesadaran nasional dan cinta tanah air dan pengabdian kepada negara dan rakyat Indonesia.

Selain itu juga menumbuhkan kedisiplinan bagi staf ASN.

Seluruh pegawai negeri sipil dan pegawai dari masing-masing kantor pemerintahan hadir dalam pelaksanaan permintaan maaf pagi itu. Perlu dicatat bahwa kegiatan permintaan maaf dapat dilakukan baik secara fisik maupun virtual.

Pelaksanaan permintaan maaf khususnya permintaan maaf fisik hendaknya memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, protokol kesehatan, dan perkembangan kasus Covid-19 di kantor instansi pemerintah.

Karena pelaksanaan permintaan maaf dilakukan secara fisik dan virtual, seluruh eksekutif dan karyawan turut serta dalam permintaan maaf tersebut. Oleh karena itu, ASN (Telecommuting/WFO) yang menjalankan tugas dinas di kantor dan ASN yang menjalankan tugas dinas di bidang telecommuting (Telecommuting/WFH) dapat terus mengikuti pemberlakuan Morning Apple setiap minggunya.

Dalam surat yang ditandatangani pada 30 Desember 2021, Menteri Tjahjo juga meminta agar pelaksanaan permintaan maaf ini tidak mengganggu pelayanan publik. “Meminta maaf tidak mengurangi kualitas dan kelembutan pelayanan kepada masyarakat,” tutup surat imbauan tersebut.

Surat Sekretariat PANRB pagi ini tentang pemberlakuan permintaan maaf tersebut merupakan tindak lanjut dari surat yang dikirimkan sebelumnya dengan masalah yang sama pada 14 Juni 2021. Surat ini ditujukan kepada seluruh instansi pemerintah, mulai dari kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah.

Baca Juga:  TNI siapkan dua SSK untuk redakan konflik SARA di Jayawijaya

[Gambas:Video CNBC]

(Roy/Roy)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Hadirin sekalian, ada peraturan baru mulai tahun 2022. Panggilan bangun adalah wajib.

Dari Situs Fikrirasy ID