Gubernur BI: Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tergantung Jakarta

Jejak Jakarta penting karena menurut saya Jakarta berkembang dan Indonesia juga akan berkembang.

Jakarta (ANTARA) – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan Indonesia sangat bergantung pada pertumbuhan ekonomi Jakarta karena kontribusinya yang besar terhadap perekonomian negara.

Pada webinar ISEI Jakarta Series 2 pada hari Jumat, Perry Warjiyo mengatakan, “Jakarta sedang berkembang dan saya pikir Indonesia juga akan tumbuh, jadi langkah di Jakarta sangat penting.”

Feri dioperasikan oleh pemerintah daerah Jakarta kawanan imun dan memberikan vaksin pemacu Karena kedua hal ini sangat penting untuk membangun imunitas dan bisa membuka lapangan ekonomi.

Dia juga menyarankan Jakarta untuk memperkuat sektor manufaktur karena sumber pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan penguatan digitalisasi dan inklusi keuangan.

“Tanah Abang dan pasar lainnya adalah sumber inklusi. Bukan hanya pasar, tetapi sumber kegiatan ekonomi dan cara untuk membuat Jakarta hijau,” kata Perry.

Peran penting DKI Jakarta dalam perekonomian nasional tercermin dari dampak konsumsi rumah tangga di Jakarta terhadap perekonomian nasional. Perhitungan Daerah lainnya yaitu Jawa 21%, Bali Nusa Tengara 7%, Kalimantan 6%, Sumatera 5%, Sulawesi-Papua 4%.

Di dunia keuangan, DKI Jakarta yang bertanggung jawab. Bagus Kredit sebesar 29% dari kredit nasional. Simpanan masyarakat DKI Jakarta sebesar 49% dari total tabungan nasional. Kemudian seluruh Rp. 40% dari 7.361 triliun transaksi terjadi di Jakarta.

Dengan membaiknya perekonomian global dan nasional, pemberian vaksinasi COVID-19 dan terus berkembangnya infrastruktur Jakarta, Bank Indonesia meyakini perekonomian Jakarta akan membaik pada tahun 2021 dan berada pada kisaran 3,5-4,3% pada kisaran 5,3. %. 6,1% pada tahun 2021. 2022.

“Intinya Jakarta akan menjadi episentrum dan penggerak perekonomian nasional,” kata Perry.

Baca Juga:  Andika Perkasa memecat 3 anggota TNI AD karena membuang korban kecelakaan ke sungai

BACA JUGA: DPRD Minta DKI Ciptakan Terobosan Pertumbuhan Ekonomi Pascapandemi

BACA JUGA: Pemda DKI Maksimalkan Potensi Ekonomi Wilayah Pesisir dan Kepulauan.

Baca lebih lanjut: UE mendukung kemitraan Jakarta-Berlin untuk membangun ekonomi yang inklusif secara digital

Selengkapnya: PLN mengoperasikan empat infrastruktur ketenagalistrikan untuk mendukung perekonomian Jakarta.

Reporter: Kuntum Kayra Liswan
Editor: Ahmad Buchori
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Gubernur BI: Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tergantung Jakarta

Dari Situs Fikrirasy ID