Dukungan PNM untuk Bisnis 1430 Pelanggan Indonesia

informasi negara – Usaha budidaya bawang merah melimpah di kalangan warga Desa Puungoni, Angata-gu, Kabupaten Konawe, Konawesi, Sulawesi Tenggara. Diolah dengan bawang goreng untuk menambah daya tahan dan kemasan yang menarik sebelum dijual. Terdapat juga strategi pemasaran yang efektif untuk mendukung usaha pertanian masyarakat petani bawang merah.

Kampung Puungoni merupakan kampung percontohan Kampung Madani yang dibina oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Desa lain yang dibina BUMN ini antara lain Desa Sade, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Desa Nisomalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Desa Salawu Kecil, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Kami mengubah kemasan yang asal-asalan dan duniawi. Kami mengubah cara kami mengemas produk agar terlihat menarik. Kami juga membantu pemasaran pelanggan kami selama pandemi dan mengajari mereka keterampilan pemasaran online. Kemudian kami menjual produk kami. lakukan,” katanya. Plan PT Permodalan Nasional Madani Sunar Basuki pada media briefing dengan topik sosialisasi hasil Program Pengembangan Kemampuan Bisnis 2021 yang diadakan di Jakarta pada 16 Desember 2021.

Untuk pembentukan Desa Madani, Sunar menargetkan 100 Desa Madani pada tahun 2022. Tujuannya adalah untuk mengembangkan manfaat bagi pelanggan di wilayah tersebut, termasuk meningkatkan kondisi ekonomi. Pelanggan diharapkan memanfaatkan potensi lokal bersama dengan dukungan teknis untuk menjadi mandiri secara ekonomi.

PNM mengurangi pengaruh pemberi pinjaman dengan menjangkau nasabah yang kurang terlayani di setiap daerah. Didukung oleh lembaga keuangan nasional, PNM bertujuan untuk memberdayakan pelaku usaha yang kurang terlayani. Mandiri. Karena sifat dan sifat kliennya, kami Pemberdayaan kami juga harus lengkap , bermotivasi mental dan kuat. Karena naik turunnya bisnis adalah hal yang lumrah.

Baca Juga:  Kondisi dan biaya perjalanan Jakarta ke Bali via tol Trans Jawa hanya Rp 800.000

Sunar mengatakan pada tahun 2022, PNM mempertimbangkan untuk mencapai Break Event Point (BEP) yang sesuai untuk mendistribusikan kesejahteraan pelanggan karena PNM memiliki strategi untuk menjangkau operasi ke pelanggan di wilayah Natuna, Nias dan Papua baik untuk tujuan komersial maupun sosial.

Selama tahun ini, jumlah daftar nasabah di seluruh Indonesia mencapai 1.430 nasabah, dengan total 328 transaksi dengan total Rp. 656.349.050. Dari jumlah pelanggan tersebut, sebanyak 525 produk pelanggan tercatat dalam e-catalog. “Tahun ini Business Capacity Development (PKU) telah menerbitkan Business Identification Number (NIB) kepada 5271 pelanggan. Pelatihan Pendampingan Program PKU memiliki 9182 kegiatan di seluruh Indonesia, termasuk 230,246 pelanggan. Kegiatan kerjasama dengan Kominfo 3000 per minggu. Ini adalah digital pemasaran yang didiskusikan oleh beberapa pelanggan.”

Selain mengerahkan 50.000 rekan di seluruh Indonesia, PNM mengundang para trainer atau nara sumber yang memahami bidang yang diinginkan setiap komunitas pelanggan, kemudian para praktisi untuk berbagi cerita dan tips perjalanan mereka menjadi pengusaha sukses, online maupun offline. , akademisi dan klien sukses adalah diundang. .

Ada Agenda Pentahelix Pemberdayaan yang memungkinkan PMN bekerja sama dengan pemerintah daerah, termasuk dinas perdagangan, layanan koperasi hingga UMKM yang memiliki misi dan program pemberdayaan yang sama. “Ada juga dukungan dari perwakilan daerah. Begitu juga saat bertemu dengan rekan-rekan LSM atau UMKM, ini termasuk bagaimana mempromosikan pinggiran berbasis pertanian karena mereka sudah melakukan penelitian dan membantu klien dengan latar belakang pertanian. Mereka bahkan bisa menjangkau hingga 300.000 pertanian. aktor. Mereka punya data. Di pinggiran. PNM juga memiliki dukungan berbasis bisnis pertanian yang sama seperti mereka. Mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan, “katanya.

Untuk dunia bisnis, PNM juga bekerja sama dengan aplikasi belanja seperti Tokped untuk membantu pemasaran seperti MES dan IWAPI. Menurut Sunar, mendukung upaya ekonomi kerakyatan di era digital dan global saat ini membutuhkan kolaborasi dan kolaborasi berbagai pihak.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Dukungan PNM untuk Bisnis 1430 Pelanggan Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID