Dirjen BNPB Himbau Waspadai Peningkatan Penularan Saat Libur Nataru

Jakarta, CNN Indonesia —

Suhyantho, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meminta semua pihak mengenali dan mengantisipasi dua momentum yang berpeluang meningkatkan penularan: Natal dan Tahun Baru 2022.

Hal itu disampaikan Suharyanto beberapa hari lalu dalam Rapat Koordinasi Penanganan Banjir Negara Kalteng yang digelar di Palangka Raya, kantor gubernur Kalteng.

Suharyanto menjelaskan, pada dua momen Natal dan Tahun Baru, kemungkinan besar akan terjadi keramaian karena biasanya masyarakat lebih banyak beraktivitas di luar kamar sehingga meningkatkan jumlah kasus aktif Covid-19. Bahkan, lanjut dia, Indonesia tidak pernah mengalami momen Natal dan Tahun Baru dengan indeks kasus Covid-19 yang rendah.

“Sejak pandemi COVID-19 yang disebut Natal dan Tahun Baru, kita belum bisa bertahan tanpa peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi. Semoga tahun ini kita bisa sukses. Kalaupun ada peningkatan, tidak terlalu. drastis dan bisa segera kita atasi,” kata Suharyanto.

Menurut data Gugus Tugas Covid-19, pada periode 2020, selain perayaan Natal dan Tahun Baru, libur Idul Fitri, libur Hari Kemerdekaan dan libur Maulid Nabi.

Tahun 2021, Indonesia akan memasuki gelombang kedua setelah momen Idul Fitri 2021, yang bertepatan dengan masuknya varian Delta.

Untuk mengantisipasi potensi peningkatan kasus akibat dua faktor tersebut, Suharyanto ingin semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan dan segera mengikuti vaksinasi. Kedua hal tersebut dinilai sebagai upaya terbaik untuk menahan penyebaran COVID-19.

“Jadi protokol kesehatan ini akan terus berlanjut. Pastikan tidak ada klaster lain yang muncul,” kata Suharyanto.

Baca Juga:  Dinas Kesehatan Surabaya Melaporkan Jual Beli Vaksin Booster ke Polisi

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Suhayanto meminta kepada pemerintah daerah Kalteng untuk tanggap dalam mengantisipasi adanya mutasi AY.4.2 varian dari virus corona. Saat ini, strain ini telah terdeteksi di Singapura dan Malaysia.

“Varian AY.4.2 sudah mulai masuk ke Malaysia. Ini yang seharusnya kita harapkan. Terjadi peningkatan kasus Covid-19 di negara-negara Eropa,” kata Suharyanto yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

(ask)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Dirjen BNPB Himbau Waspadai Peningkatan Penularan Saat Libur Nataru

Dari Situs Fikrirasy ID