Angkatan Laut Indonesia gagal menyelundupkan TKI ilegal dari Sungai Asahan di Sumatera Utara

Jakarta, CNN Indonesia

Basis kecil Tanjung Balai Asahan (TBA) diberhentikan dari dakwaan penyelundupan Puluhan tenaga kerja Indonesia (tiki) liar Malaysia Jumat (1 Juli).

TNI AL juga turut mengamankan kapal tanpa nama yang membawa puluhan TKI. Kapal tersebut berlabuh di sekitar muara Sungai Asahan di Sumatera bagian utara.

Menurut keterangan tertulis dari Dinas Intelijen Angkatan Laut (Dispenal), kejadian bermula saat TBA Letkol Marinir (P) Robinson Hendrik Etwiory, Danlanal, menerima informasi pada Kamis (6/1) bahwa TKI akan diberangkatkan ke Malaysia. malam.

Robinson memerintahkan patroli.

Dalam keterangan tertulis dari Dispenal, Robinson mengatakan dalam keterangan tertulis dari Dispenal, “Tim Patroli Kamla dan Satuan Intel, di bawah komando Intel Danunit, melakukan patroli dan penggeledahan menggunakan Sea Rider di sekitar Kualuh Bagan dan Tanjung Si Api-api, Muara Sungai Asahan.” .

Kemudian pada pukul 00.05 WIB, koordinat 3 3′ 711″U – 99 52′ 408″T, patroli menemukan kapal anonim GT 5 berlayar tanpa dokumen lengkap.

Ada total 53 orang di kapal: 34 pria, 17 wanita, seorang gadis berusia 22 bulan, dan seorang kapten atau kapten.

Kapal dipindahkan ke Posmat Bagan Asahan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut catatan, nahkoda kapal itu adalah Junaidi Munte, dan alamatnya konon adalah pujangga Tanjungbalai. Sedangkan pemilik kapal, Nani, berada di Kabupaten yang alamatnya kelaparan.

“Hari ini akan diserahkan ke polisi untuk penyidikan lebih lanjut. Hal ini menyusul penegasan Laksamana Yudo Margono dari KSAL bahwa TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk terus menegakkan hukum dan menjaga keamanan perairannya. Segala bentuk pergaulan bebas. Yurisdiksi negara , termasuk penyelundupan,” kata Robinson.

Baca Juga:  Kementerian Kesehatan menyoroti Omicron dan DPR menyarankan pengujian dua kali seminggu.

(yogur/rds)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Angkatan Laut Indonesia gagal menyelundupkan TKI ilegal dari Sungai Asahan di Sumatera Utara

Dari Situs Fikrirasy ID