Airlangga berharap selesainya PSN akan berdampak ganda.

Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung percepatan pengerjaan berbagai PSN untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA (ANTARA) – Dalam media meeting Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dapat menimbulkan berbagai dampak sosial dan ekonomi. implikasi sosial. dampak ekonomi.

Dalam keterangan resminya, Airlangga mengatakan, “Berinvestasi dalam pembangunan PSN di berbagai sektor akan bermanfaat bagi pembangunan daerah dan ekonomi lokal serta nilai tambah industri.

Ia mengatakan, keberadaan PSN terbukti mampu meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia, mengingat PSN menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja langsung dan tidak langsung di masa pandemi.

Pembangunan PSN dapat menyebar ke berbagai daerah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur Indonesia, yang dalam jangka panjang secara tidak langsung dapat mengurangi pertumbuhan pendapatan per kapita dan disparitas kesejahteraan antar daerah.

Karena itu, Airlangga menegaskan percepatan penyelesaian berbagai PSN akan terus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

Sementara itu, KPPIP akan terus melakukan pengawasan dan upaya penyelesaian permasalahan dalam pelaksanaan 208 proyek dan 10 program yang masuk dalam daftar PSN.

Untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045, pemerintah Indonesia menyadari beberapa tantangan yang harus dipenuhi, antara lain memenuhi kebutuhan belanja infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Batas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pajak Indonesia mendorong pemerintah untuk bekerja dan berkolaborasi dengan pihak swasta untuk memenuhi kebutuhan belanja infrastruktur selama periode 2020-2024.

“Pemerintah juga tetap berkomitmen untuk mendorong dan meningkatkan upaya project financing melalui creative financing bagi PSN untuk mengurangi beban APBN guna memenuhi kebutuhan infrastruktur,” ujarnya.

Baca Juga:  KPK menganggap kasus Lili Pintauli Siregar sudah selesai.

Menurut dia, Peraturan Pemerintah (PP) No 42 dan KPPIP Tahun 2021 tentang Kemudahan Proyek Strategis Nasional telah disetujui oleh Badan Pengelola Kekayaan Negara (LMAN). ) untuk mendukung percepatan pembebasan lahan.

Selain itu, ada beberapa ketentuan lain sebagai ketentuan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 tentang Penciptaan Lapangan Kerja Tahun 2021.

“Kami berharap pemulihan ekonomi di masa pandemi dan pascapandemi ke depan lebih baik. Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung percepatan pengerjaan berbagai PSN untuk menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi ke depan,” tutup Airlanga. .

BACA JUGA: Menko Airlangga: Pendaftaran Kartu Tenaga Kerja 2021 Ditutup Malam Ini.

Selengkapnya: Airlangga: Investor dan otoritas bursa adalah bagian penting dari pemulihan ekonomi

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Redaktur: D.Dj. kliwantoro
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Airlangga berharap selesainya PSN akan berdampak ganda.

Dari Situs Fikrirasy ID