Tips Jumper Aki Mobil yang Aman dan Benar I Fikrirasy.ID.id

Tips dan Trik

Tips untuk Jumper Baterai yang Aman

Jumper aki mobil adalah cara yang efektif untuk memberikan bantuan saat aki habis. Tapi itu harus dilakukan dengan langkah yang benar dan aman

Baterai adalah salah satu suku cadang mobil yang memiliki masa pakai terbatas (pergerakan cepat) antara satu hingga dua tahun. Dengan digunakannya, kemampuan baterai untuk menyimpan arus yang dibutuhkan mobil juga bisa berkurang. Namun jangan khawatir jika baterai habis di jalan, Anda bisa langsung menaiki baterai mobil dan melakukan tindakan darurat.

Pasang kabel jumper pada kutub baterai

Bekerja dengan hati-hati dan gunakan sarung tangan dan sepatu dengan sol tebal.

Namun jika ingin melompat harus terlebih dahulu menyediakan kabel jumper. Anda kemudian dapat meminta teman atau pemilik mobil lain untuk membantu Anda dengan jumper untuk menghidupkan kembali mobil. Proses jumper harus dilakukan dengan benar dan aman untuk menghindari kemungkinan terjadinya percikan api atau korsleting. Jika Anda tidak tahu cara melompati baterai, caro indonesia Berikut 7 tips cara melompat yang benar dan aman. Simak langkah selanjutnya.

-> Kiat untuk menggunakan Google Maps secara efektif dan mencegahnya hilang

pelompat langkah

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan kedua mobil dengan benar. Tempatkan mobil dengan baterai yang sehat atau jumper untuk menghindari menghalangi jalan. Juga, posisikan kendaraan sehingga kedua baterai saling berdekatan.
  2. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan, idealnya terbuat dari karet. Kemudian periksa lokasi positif (+) dan negatif (-) baterai. Biasanya kutub positif (+) berwarna merah dan kutub negatif (-) berwarna hitam.
  3. Siapkan kabel jumper. Hubungkan penjepit kabel jumper merah (+) ke kutub positif (+) baterai yang baik, kemudian sambungkan penjepit kabel jumper merah (+) lainnya ke baterai yang lebih lemah.
  4. Hubungkan penjepit kabel jumper hitam (-) ke terminal negatif (-) baterai. Kemudian pasang penjepit kabel jumper negatif (-) hitam atau lainnya ke sasis, baut pemasangan, atau bagian logam lainnya.
  5. Nyalakan mesin mobil Anda dengan baterai yang sehat dan pertahankan kecepatan mesin di atas 1.000 rpm. Kemudian hidupkan mesin mobil dengan baterai lemah. Proses pengisian baterai lebih cepat dan optimal saat Anda mematikan fitur-fitur yang dapat membebani kerja kelistrikan, seperti AC, audio, atau penerangan.
  6. Jika mesin hidup dengan baterai lemah, lepaskan kabel jumper dengan hati-hati. Hubungkan kabel jumper ke kutub negatif (-). Biarkan mesin menyala beberapa saat agar proses pengisian baterai dapat berjalan.
  7. Setelah mobil Anda hidup kembali, jangan lupa untuk memeriksa atau mengganti baterai sesegera mungkin.

-> Apakah Anda mencari mobil yang Anda inginkan? Silakan periksa situs web Caro

Baca Juga:  Pengeditan foto, transisi, dan filter

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Tips Jumper Aki Mobil yang Aman dan Benar I Fikrirasy.ID.id

Dari Situs Fikrirasy ID