Aplikasi Taspen Sertifikasi Dana Pensiun PNS 2022 Terbaru

RsddrSoebandi.co.id – Aplikasi autentikasi taspen merupakan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi pensiunan untuk mengklaim dana pensiunnya.

Seperti namanya, aplikasi ini dibuat semata-mata untuk proses sertifikasi dana pensiun. Sertifikasi di sini adalah proses verifikasi apakah Anda seorang pensiunan atau bukan.

Proses sertifikasi ini sendiri sangat penting. Hal ini untuk memastikan bahwa dana pensiun diarahkan kepada yang berhak menerimanya dan tidak diarahkan ke arah yang salah. Oleh karena itu, semua pensiunan harus melalui proses sertifikasi sebelum menerima pensiun.

Jika Anda tidak dapat menarik pensiun orang tua Anda, kemungkinan orang tua Anda tidak mengesahkannya. Dan sertifikasi ini harus dilakukan setiap bulan sesuai peraturan.

Hebatnya, sekarang proses otentikasi ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi yang diluncurkan oleh PT TASPEN (PERSERO) ini kini sudah dapat diinstal di perangkat Anda.

Beberapa hal tentang aplikasi taspen bersertifikat dapat Anda temukan pada pembahasan di bawah ini.

Tinjauan Tinjauan Aplikasi Sertifikasi Taspen

Aplikasi-Taspen-Otentikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi autentikasi taspen ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses autentikasi dana pensiun. Di sisi lain, proses sertifikasi ini harus dilalui untuk mengklaim dana pensiun.

Kami telah membuat aplikasi ini sendiri sehingga pensiunan hanya dapat mengotentikasi melalui smartphone mereka kapan saja, di mana saja. Tentunya aplikasi ini hanya untuk para pensiunan, terutama yang akan memasuki masa pensiun.

Namun, jika pensiunan tidak memiliki smartphone atau memiliki masalah dengan aplikasi, mereka dapat mengunjungi kantor pos secara langsung untuk menyelesaikannya atau melanjutkan proses otentikasi.

Selama otentikasi melalui aplikasi ini, Anda akan diminta untuk meniru 3 perilaku yang biasanya diacak. Jika prosesnya gagal, Anda diberi kesempatan untuk mengulanginya lagi.

Download Aplikasi Bersertifikat Taspen

Bagi Anda yang masih bingung cara mendapatkan aplikasinya, sebenarnya Anda bisa menginstall aplikasi ini melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Atau agar lebih mudah dalam penggunaannya, dibawah ini kami juga menyediakan link download dengan beberapa detail aplikasinya.

  • Aplikasi Otentikasi Taspen untuk Android

Aplikasi-Taspen-Otentikasi-Untuk-Android

Bagi pengguna Android, Anda bisa mendapatkan link download aplikasinya di bawah ini.

nama aplikasi tab otentikasi
ukuran aplikasi 8 MB
total unduhan 1.000.000+
OS minimal Android 5.1.1 atau lebih tinggi
pengembang PT TASPEN (Persero)
Versi: kapan V1.6.4
tanggal rilis 31 Oktober 2018
pembaharuan Terakhir 4 Maret 2021

Untuk mendapatkan aplikasinya, anda juga bisa mencari aplikasi ini melalui play store atau klik next. Di Sini.

  • Aplikasi Bersertifikat Taspen untuk iOS

Aplikasi-Taspen-Otentikasi-Untuk-iOS

Kemudian, bagi Anda yang merasa menggunakan iOS, Anda bisa mendapatkan aplikasinya melalui tautan unduhan berikut:

nama aplikasi tab otentikasi
ukuran aplikasi 35 MB
total unduhan 1.000.000+
OS minimal iOS 9.0 atau lebih baru
pengembang PT TASPEN (Persero)
Versi: kapan V1.3.2
harga Gratis
kategori Jae Won

Unduhan aplikasi sekali klik Di Sini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengautentikasi di aplikasi Taspen

Saat menginstal aplikasi, Anda biasanya akan diminta untuk memasukkan catatan terlebih dahulu. Setelah itu, proses otentikasi untuk login pertama kali akan dilakukan.

Tentu saja, ada beberapa peringatan untuk melakukan proses otentikasi ini. Hal ini untuk memastikan proses otentikasi berjalan lancar dan tidak gagal.

Simak ulasan di bawah ini untuk beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Anda terdaftar di cabang Taspen atau Mitra Bayar.

Sebelum melakukan autentikasi menggunakan Aplikasi Verifikasi Taspen, pastikan pensiunan tersebut telah mendaftarkan atau mencatat informasi biometriknya di cabang Taspen atau mitra pembayaran Taspen.

Setelah itu, pensiunan akan dapat mengautentikasi melalui aplikasi di masa mendatang.

  • Lakukan ini di ruangan yang terang atau cukup terang.

Proses autentikasi ini biasanya mendeteksi wajah, sehingga tentunya diperlukan area yang cukup terang atau pencahayaan yang cukup. Hal ini diperlukan agar aplikasi dapat membaca wajah pengguna dengan jelas.

Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan bahwa proses otentikasi gagal. Salah satu alasannya adalah pencahayaan yang tidak memadai untuk otentikasi.

  • Pastikan koneksi berjalan lancar

Pastikan juga koneksi internet Anda dapat berjalan dengan lancar. Ini karena ini juga membuat proses otentikasi lebih mudah dilewati.

Karena proses verifikasi ini berjalan secara online, ada data yang perlu diunggah ke pengembang. Tentu saja, Anda membutuhkan koneksi internet yang baik.

  • Spesifikasi Smartphone Bersertifikat

Pastikan juga kamera smartphone Anda tersedia, karena kamera ini akan sangat dibutuhkan nantinya dalam proses otentikasi. Setidaknya kamera yang Anda gunakan dapat menangkap cahaya dengan baik sehingga wajah Anda terlihat jelas.

Baca Juga:  GB WhatsApp Pro Apk 2022 Terbaru Unduh Resmi Aman!

Ini setidaknya beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan proses autentikasi pada aplikasi autentikasi taspen. Semakin Anda memperhatikan hal-hal ini, semakin lancar dan sukses proses sertifikasinya.

Cara melakukan proses otentikasi melalui aplikasi otentikasi Taspen

Bagaimana-Melakukan-Otentikasi-Melalui-Aplikasi-Taspen-Otentikasi

Tentu saja, untuk membayar pesangon, pensiunan harus melalui otentikasi terlebih dahulu. Sekarang proses otentikasi ini dapat dilakukan melalui aplikasi otentikasi taspen yang telah disebutkan sebelumnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan proses otentikasi melalui aplikasi otentikasi taspen.

  1. Pastikan Anda telah menginstal Aplikasi Taspen Authenticator di perangkat Anda.
  2. Buka aplikasi.
  3. Memilih izin Untuk setiap izin yang ditampilkan
  4. memasukkan memo (Nomor Taspen) pada kolom yang tersedia.
  5. lalu klik bukti.
  6. Kemudian, letakkan telepon di wajah pensiunan untuk diautentikasi. Pastikan posisi wajah pas dengan bingkai yang disediakan secara keseluruhan.
  7. Jika berhasil, aplikasi Anda biasanya akan meminta Anda untuk melakukan beberapa tindakan.
  8. ikuti saja 3 gerakan Itu diminta selama proses otentikasi hingga berhasil. Seperti menggelengkan kepala, mengangguk, mengatakan “A”, atau mengedipkan mata.
  9. jika gagal, Aplikasi meminta untuk mengulangi proses otentikasi lagi dari awal.
  10. Setelah itu, aplikasi menangani pembaruan data. Jadi pastikan Anda memiliki koneksi yang lancar.

Jika proses otentikasi berhasil, Anda dapat keluar dari aplikasi. Hal ini dikarenakan aplikasi ini hanya digunakan untuk proses otentikasi. Aplikasi ini juga memberikan pemberitahuan keberhasilan atau kegagalan proses sertifikasi, serta informasi pensiunan.

Penyebab Kegagalan Sertifikasi Dana Pensiun dan Solusinya

penyebab-proses-sertifikat-dana-anuitas-solusi-kegagalan

Jika proses otentikasi melalui aplikasi Anda gagal, ada beberapa kemungkinan untuk diperiksa.

1. Lalu lintas sedikit tinggi menggunakan aplikasi

Salah satu alasan proses otentikasi gagal adalah lalu lintas pengguna aplikasi yang tinggi. Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi secara bersamaan, semakin sulit bagi server untuk memproses data otentikasi.

2. Spesifikasi ponsel cerdas tidak memadai

Selain itu, jika proses autentikasi gagal, mungkin disebabkan oleh spesifikasi smartphone yang digunakan tidak memenuhi persyaratan aplikasi autentikasi Taspen.

Pengguna Android minimal harus memiliki OS 5.1 (Lollipop). Untuk pengguna iOS, ada minimal OS versi 9.0.

Kamera perangkat yang digunakan dalam proses verifikasi juga memiliki kapasitas minimal 8 MP (Mega Pixel). Kemudian pastikan ponsel cerdas Anda memiliki mikrofon yang berfungsi.

3. sedang berlangsung

Penyebab lain kegagalan proses autentikasi pada aplikasi autentikasi taspen adalah kemungkinan aplikasi tersebut sedang diperbaiki atau dipelihara. Jika demikian, Anda perlu mengautentikasi ulang setelah pemulihan berhasil.

Bagi yang merasa kesulitan melalui proses autentikasi melalui aplikasi autentikasi taspen, PT Taspen juga memberikan solusi bagi pensiunan untuk melakukan autentikasi dengan mitra pembayaran Taspen, seperti melalui bank. Nanti, kami memiliki perwakilan yang dapat membantu memperlancar proses verifikasi.

Persyaratan Sertifikasi Dana Pensiun

Persyaratan Sertifikasi Dana Pensiun

Ada juga beberapa ketentuan lain untuk setiap pensiunan yang dibagi menjadi beberapa kelompok untuk proses sertifikasi ini. Sertifikasi harus dilakukan secara berkala dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. penerima Dana Veteran dan Kehormatan Verifikasi harus dilakukan secara berkala. Sekali sebulan.
  2. Kemudian ke pensiunan Tidak ada ahli waris dukungan Otentikasi harus dilakukan secara berkala. 2 bulan.
  3. dan bagi mereka yang sudah pensiun memiliki penerus Otentikasi harus dilakukan secara berkala. setiap 3 bulan sekali.
  4. Jika pensiunan tidak memberikan sertifikasi pada waktu yang ditentukan, pembayaran pensiun dihentikan sementara selama tiga bulan sejak waktu akreditasi yang ditentukan.
  5. Jika seorang pensiunan meninggal dunia, tetapi pensiunan tersebut tidak melaporkannya kepada pejabat yang berwenang, Taspen memungut kelebihan pembayaran tersebut dari dana pensiun.
  6. Kemudian, jika proses autentikasi melalui aplikasi autentikasi Taspen gagal, pengguna dapat mengecek spesifikasi smartphone, lokasi autentikasi, atau melaporkannya ke Taspen.

Kesimpulan Mengajukan Sertifikasi Taspen

Aplikasi Sertifikasi Taspen merupakan aplikasi resmi PT TASPEN (PERSERO) yang dapat digunakan untuk melakukan proses sertifikasi pensiun. Jika Anda menyatakan, Anda akan dibayar anuitas.

Aplikasi ini bisa didapatkan melalui link download yang telah disediakan di atas sesuai dengan OS smartphone masing-masing yang digunakan.

Untuk melanjutkan proses otentikasi melalui aplikasi otentikasi Taspen, periksa apakah spesifikasi smartphone terpenuhi dan apakah otentikasi biometrik dilakukan terlebih dahulu di cabang Taspen atau mitra pembayaran.

Jika terjadi masalah selama autentikasi, Anda dapat melaporkannya sendiri atau mengautentikasi melalui kantor resmi.

Mengenai verifikasi identitas, semua pemberitahuan di atas harus dipenuhi untuk mencegah keterlambatan pembayaran dana pensiun atau hal-hal lain yang tidak adil.

Demikian pembahasan saya tentang aplikasi taspen bersertifikat dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Lihat juga:

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Aplikasi Taspen Sertifikasi Dana Pensiun PNS 2022 Terbaru

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://rsddrsoebandi.id/aplikasi-taspen-otentikasi/