UI Gandeng Microsoft Percepat Pengembangan Pendidikan Modern

  • Share

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Universitas Indonesia (UI) dan Microsoft Indonesia baru-baru ini menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk mengidentifikasi sejumlah inisiatif potensial dimana kedua organisasi dapat terus berkontribusi pada pengembangan pendidikan di Indonesia.

Melalui MOU ini Universitas Indonesia Microsoft Indonesia akan bekerja sama untuk mendukung penciptaan talenta digital Indonesia yang berdaya saing tinggi, penciptaan pengalaman belajar mengajar yang modern, dan peningkatan partisipasi lembaga pendidikan dalam kemajuan kegiatan industri.

Dalam sambutannya, Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro mengatakan, kerjasama UI dengan mitra dalam e-learning terus berkembang secara dinamis sesuai dengan Program Nasional Kampus Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Transformasi digital mengubah cara kita belajar, yang berdampak besar pada digitalisasi proses pembelajaran dan penelitian kita. Perjuangan memerangi pandemi Covid-19 semakin menunjukkan bahwa digitalisasi pendidikan dan penelitian merupakan proses mutlak bagi kehidupan masyarakat saat ini. Oleh karena itu, UI siap menjadi jembatan emas yang bekerja sama dengan Penta Helix dalam hal pengembangan pendidikan untuk mewujudkan transformasi digital dalam proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat antara pemerintah, UI, dunia usaha dan industri, serta media massa. Dan komunitas amal,” ujarnya, Jumat, 19 November 2021.

dengan dukungan dari Microsoft Indonesia, UI berharap tidak hanya mewujudkan pengembangan digitalisasi proses pendidikan dan penelitian di UI, tetapi juga dapat menciptakan sinergi dengan mitra UI lainnya. Hal ini sesuai dengan program UI SMART, UI Sehat Independen Aktual Riset Teknologi, yang merupakan bagian dari inisiatif UI untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas jelang Indonesia emas 2045.

Dalam rangka melakukan riset kesehatan masyarakat berbasis digital dengan dukungan Microsoft Indonesia, klaster sains UI perlu dimobilisasi dan sinergis, mulai dari klaster ilmu kesehatan, iptek, IPS dan humaniora.

Baca Juga:  Berikut cara mendownload sertifikat antivirus melalui WhatsApp.

Inisiatif ini akan fokus pada tujuh bidang utama.

  • Jelajahi teknologi Microsoft yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa dan fakultas
  • Perkaya kurikulum di Universitas Indonesia dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar terbaik di kelasnya dari Microsoft.
  • Mengembangkan kompetensi dan materi pembelajaran yang sesuai, memperhatikan kebutuhan dunia nyata dunia kerja, khususnya terkait dengan Prakarsa Belajar Merdeka – Kampus Merdeka.
  • Mengembangkan literasi digital bagi dosen, peneliti dan mahasiswa untuk meningkatkan nilai tambah hasil penelitian dan pengajaran yang dilakukan di perguruan tinggi di Indonesia.
  • Mengembangkan model triple helix yang melibatkan perguruan tinggi di Indonesia, kementerian/lembaga terkait dan peserta sektor industri
  • Terapkan teknologi Microsoft yang relevan untuk meningkatkan kualitas pengalaman belajar di platform Center Independent Learning (CIL)
  • Kami meningkatkan nilai tambah universitas di Indonesia dengan memberikan manfaat nyata bagi universitas di Indonesia dan masyarakat luas dengan menyediakan program layanan akreditasi internasional untuk teknologi Microsoft.

Linda Dwiyanti, Director of Partnerships Microsoft Indonesia, mengatakan pendidikan merupakan salah satu fondasi utama untuk mendorong pembangunan dan ketahanan negara.

“Jadi, mendukung transformasi digital di Indonesia selama lebih dari 25 tahun, kami selalu menjadikan pendidikan sebagai fokus utama kami. Kami sekarang memasuki era hybrid yang membutuhkan adaptasi baru dalam proses belajar mengajar, dan pendidikan di Indonesia di mana kompetensi digital adalah salah satu basic skill of the job.”Saya pikir kolaborasi untuk modernisasi menjadi semakin penting, dan kami siap mendukung transformasi digital pendidikan di Indonesia dengan universitas-universitas di Indonesia yang memiliki visi yang sejalan dengan kami.” Linda.

Komitmen Microsoft sebelumnya terhadap pendidikan telah diwujudkan melalui pelaksanaan program Trainer Training dan Gurulympics, yang masing-masing telah mencapai 125.000 dan 100.000 guru. Organisasi Pendidikan Keterampilan Digital Abad 21, dihadiri oleh sekitar 25.000 guru dari 34 provinsi di Indonesia dan sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri; 235 kampus di Indonesia menyelenggarakan program studi independen terakreditasi dengan 1.121 mahasiswa hadir. Bekerja sama dengan setidaknya 10 kantor pendidikan untuk menerapkan sistem pembelajaran digital berbasis Microsoft 365.

Baca Juga:  Kejuaraan Dunia Esports Dunia Bali 2022, 120 negara berpartisipasi

Melalui kemitraan dengan universitas-universitas di Indonesia, kedua organisasi berharap dapat memberikan dampak yang semakin positif bagi para pendidik, mahasiswa, peneliti dan tenaga profesional lainnya di universitas-universitas di Indonesia.

Baca:
Menurut US News Best Global Universities 2022, UI masih yang terbaik di Indonesia.

selalu
memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. perlu kamu lakukaninstalasi Pertama, aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel UI Gandeng Microsoft Percepat Pengembangan Pendidikan Modern

Dari Situs Fikrirasy ID

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *