Top 3 Techno News Hari Ini: Gempa Nias, Badai Sawah, Banjir Kalimantan Barat

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – 3 teknologi utama berita hari ini Kita mulai dengan topik gempa berkekuatan 5,0 di Nias, Sumatera bagian utara. Gempa tersebut terjadi di laut pada pukul 04.13.53 WIB, namun dipastikan tidak menimbulkan tsunami.

Berita terpopuler berikutnya tentang bibit siklon tropis 90S yang terus dipantau oleh BMKG (Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika), baru-baru ini berganti nama menjadi Daum. Badai Padi. BMKG Yogyakarta mengatakan, kondisi ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola cuaca di Indonesia berupa pertemuan, konvergensi dan tikungan angin, serta peningkatan curah hujan selama 24 jam ke depan (atau hingga pukul 13.00 pada 23 November). potensi untuk mempengaruhi ) termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan penyebabnya sudah dianalisis. banjir Ini tersebar luas di Kalimantan Barat. Anda dapat melakukan intervensi dengan melakukan analisis dalam hal curah hujan, lanskap dan penggunaan lahan.

Berikut adalah tiga berita terpanas dari saluran Tekno.

1. BMKG: Gempa kembali mengguncang Nias pagi ini.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi di Nias, Sumatera Utara. Gempa tersebut terjadi di laut pada pukul 04.13.53 WIB, namun dipastikan tidak menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut sebagai gempa berkekuatan 5,0 atau lebih besar yang terjadi baru-baru ini di wilayah Indonesia. Pusat gempa berada 118 km barat daya Westnias dan kedalaman 10 km.

Menurut BMKG, guncangan gempa hanya dirasakan di Nias Barat dalam Fikrirasy.ID intensitas III MMI. Fikrirasy.ID ini biasa digunakan untuk menggambarkan getaran seismik yang dapat dirasakan di dalam rumah, seperti truk yang lewat.

Gempa terakhir yang relatif kuat seperti ini terjadi di daerah yang sama pada 2 November. Saat itu, terjadi gempa M6.2 di pagi hari dan gempa M5.0 di malam hari. Keduanya berpusat di laut dan masing-masing terletak 130 km dan 138 km barat daya Nias Barat. Kedalamannya adalah 16 km dan 10 km.

Baca Juga:  Januari 2022 Rencana Pembelajaran Penuh Tatap Muka, Ini Kata Diknas Yogyakarta.

2. Benih Siklon Tropis 90S Jadi Badai Sawah, BMKG Yogya Peringatkan

Siklon tropis 90S yang terus dipantau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kini berganti nama menjadi Badai Padi.

BMKG Yogyakarta mengatakan, kondisi ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola cuaca Indonesia berupa pertemuan, konvergensi dan flexure angin, serta peningkatan curah hujan selama 24 jam ke depan (atau hingga pukul 13:00 pada 23 November). mempengaruhi ) termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada Senin 22 November 2021, Reni Kraningtyas, Direktur Klimatologi BMKG Yogyakarta mengatakan, “Pada 23 November, kondisi air di Yogyakarta akan hujan sedang dan tinggi gelombang sedang, atau sekitar 1,25-2,5 meter.”

Pada Senin pagi, siang, dan sore hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Yogyakarta.

3. Banjir Kalimantan Barat, apa yang dikatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan hasil analisisnya

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan telah menganalisis penyebab meluasnya banjir di Kalbar. Anda dapat melakukan intervensi dengan melakukan analisis dalam hal curah hujan, lanskap dan penggunaan lahan.

Helmi Basalamah, Direktur Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan: “Dalam analisis ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat dan dapat sedikit mengintervensi dalam hal pengelolaan lahan dengan menemukan titik-titik genangan.” , pada Sidang Komite IV DPR RI pada Senin 22 November 2021.

Helmi berjanji dalam waktu dekat, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan turun ke lapangan dan melihat sendiri di mana mereka bisa turun tangan. Ia mengatakan hal itu akan menjadi solusi paling efektif dalam waktu dekat, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan. Simak 3 berita tekno Teratas lainnya di Fikrirasy.ID.co hari ini.

Baca:
Top 3 Techno News Hari Ini: PPKM Level 3 Liburan Nataru, Topan Tropis 90S

selalu memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. perlu kamu lakukaninstalasi Pertama, aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Top 3 Techno News Hari Ini: Gempa Nias, Badai Sawah, Banjir Kalimantan Barat

Dari Situs Fikrirasy ID