Kaki seribu raksasa ditemukan 326 juta tahun yang lalu

Fikrirasy.ID – Para ilmuwan telah menemukan seekor kaki seribu seukuran mobil di wilayah Northumberland di pantai timur laut Inggris. Kaki seribu diperkirakan memiliki panjang 2,5 m dan berat sekitar 50 kg.

Fosil hewan ini pertama kali ditemukan pada 2018 ketika batu pasir jatuh di pantai Howick Bay, Northumberland. Para ilmuwan mengakui bahwa penemuan itu terjadi secara kebetulan.

“Penemuan itu benar-benar kebetulan,” kata Neil Davies, seorang ahli geologi di Universitas Cambridge yang mempelajari fosil tersebut. BBC.

Davies mengatakan fosil itu pertama kali ditemukan oleh seorang mantan mahasiswa yang sedang berjalan di pantai. Fosil dapat ditemukan pada batupasir pecah.

Baca juga:
Fosil gading gajah sepanjang 1,5 meter telah ditemukan di Fatiyam.

Analisis menunjukkan bahwa kaki seribu hidup sekitar 326 juta tahun yang lalu. Saat itu, Inggris timur laut masih tropis.

“Fosil seperti ini sangat langka, karena ketika mati, bangkai kaki seribu biasanya cepat musnah,” jelas Davies.

Ia menambahkan, fosil tersebut dapat bertahan hidup karena dilindungi oleh cangkang yang sangat keras. Juga, fosil kepala kaki seribu ini belum ditemukan.

Studi tentang fosil ini baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of the Geological Society. Fosil berusia jutaan tahun ini akan dipamerkan di Museum Sedgwick di Cambridge pada 2022.

Baca juga:
Bukti Keberadaan Selat Muria, Fosil Purba Hewan Laut dari Kudus hingga Grobogan



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kaki seribu raksasa ditemukan 326 juta tahun yang lalu

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Industri manufaktur menjadi target utama para penjahat dunia maya