Teratai siklon tropis, diperkirakan akan segera terbentuk, hujan angin….

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – BMKG memprediksi pertumbuhan bibit siklon tropis 92S akan menjadi siklon tropis pada Kamis, 2 Desember 2021. Pantauan Rabu pagi, bibit siklon sudah berada di dekat Samudera Hindia barat daya Lampung tepat pukul 9 pagi. Lintang 103.0 Bujur.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pada konferensi pers online di Jakarta, Rabu, “Bibit siklon ini kemungkinan besar akan terbentuk sebagai siklon tropis dengan nama Tropical Cyclone Lotus yang disiapkan oleh TCWC Jakarta.”

Bergerak ke arah tenggara-selatan di wilayah Indonesia, kecepatan angin maksimum di sekitar sistem benih siklon mencapai 30 knot (56 km/jam) atau meningkat lebih cepat dari pemantauan hari pertama pada hari Selasa. BMKG memprediksi kecepatan angin masih akan meningkat hingga 35 knot (65 km/jam).

Dwikorita mengatakan siklon tropis Teratai akan mempengaruhi Sumatera bagian selatan, yaitu Sumatera bagian selatan, Benkulu dan Lampung. Kemudian ada juga sebagian kecil Selat Sunda, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dampak yang mungkin terjadi antara lain hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Di laut dipengaruhi berupa tinggi gelombang 2,5 – 4,0 m di Lampung bagian barat, Selat Sunda bagian selatan dan barat, wilayah Banten bagian selatan, dan Samudra Hindia bagian selatan di Jawa Barat.

Baca Juga:  Cara Ganti Nama Wifi Indihome

Peta prediksi dampak hujan lebat dan angin kencang di Indonesia akibat siklon tropis teratai, yang diperkirakan terbentuk dari benih 92S tak lama setelah pemantauan terakhir pada pagi hari Rabu, 1 Desember 2021. (ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-BMKG)

Saat ini, bibit siklon tropis 94W juga tumbuh di Samudera Hindia bagian utara, Aceh barat laut atau Sumatera bagian utara. Kecepatan angin maksimum pada Rabu pagi adalah 20 knot. Meski masih menjadi bibit siklon, namun berdampak pada gelombang tinggi hingga 6,0 meter di Laut Natuna Utara.

Ada juga siklon tropis Nyatoh di Samudera Pasifik sebelah utara Papua. Kecepatan angin maksimum bisa mencapai 50 knot. ramalan BMKG Pagi ini siklon tropis akan terus meningkat ke arah utara-barat laut selama 24 jam ke depan.

Baca juga:
Peneliti lain menyebut tornado di Jawa bagian barat dan timur sebagai pertanda badai yang sesuai dengan siklon tropis Serosa.


selalu memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. perlu kamu lakukaninstalasi Pertama, aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Teratai siklon tropis, diperkirakan akan segera terbentuk, hujan angin….

Dari Situs Fikrirasy ID