Teknologi pembayaran tol otomatis terlepas dari penggunaan GNSS

Fikrirasy.ID.CO, JakartaSejak awal tahun 2022, pembahasan penerapan sistem pembayaran tol otomatis mulai digencarkan. Salah satu sistem yang banyak dibicarakan adalah MLFF (Multi Lane Free Flow) berbasis MLFF (Global Navigation Satellite System).GNSS). Sistem pelaporan oleh bpjt.pu.go.id dapat memotong pembayaran tol dari 10 detik menjadi 4 detik.

Pengurangan waktu ini karena pengguna tol dapat membayar tol tanpa mengeluarkan kartu kredit atau mata uang riil melalui sistem MLFF berbasis GNSS. karena, Teknologi GNSS otomatis membaca rekening pengguna tol yang tersimpan di aplikasi mobile dan otomatis memotong saldo saat masuk tol. Pembacaan dan pemotongan saldo otomatis dilakukan melalui satelit yang mendeteksi pengguna gerbang tol di depan gerbang tol.

Teknologi GNSS yang dipadukan dengan sistem MLFF terlihat menjanjikan. Namun, Badan Penelitian dan Pengembangan Transportasi Kementerian Perhubungan Indonesia mempertimbangkan beberapa opsi teknologi lainnya. Beberapa opsi teknis non-GNSS yang dilansir balitbang.dephub.go.id adalah:

1. Komunikasi Jarak Dekat Khusus (DSRC)

DSRC adalah alat yang menggunakan frekuensi radio 5.8Ghz. Pengguna berbayar harus membeli unit on-board (OBU) jika DSRC diterapkan. OBU menyimpan data ID dan informasi lainnya sebagai sarana untuk mendeteksi entri tolo nanti. Keandalan teknologi ini adalah 99,95%.

2. Identifikasi Frekuensi Radio (RFID)

RFID adalah alat pendeteksi input pulsa yang menggunakan radio dengan frekuensi (860–960) Mhz. Implementasinya mengharuskan pengguna untuk membeli stiker tag RFID dengan ID pengguna. Keandalan teknik ini sekitar 99,5%.

3. Pengenalan Plat Nomor Otomatis (ANPR)

ANPR adalah alat untuk mendeteksi plat nomor. Implementasi ini membutuhkan akses ke database plat nomor polisi. Namun, dibandingkan dengan dua opsi sebelumnya, ANPR tidak mengharuskan pengguna yang membayar untuk membeli aksesori tambahan.

Baca Juga:  Badan Geologi Naikkan Status Ausan, PVMBG Mengungkapkan Potensi Bahaya

4. Komunikasi jarak pendek berbasis ISRC (Calm Active Infrared)

ISRC adalah teknologi baru yang mirip dengan RFID. Apa yang membedakan RFID dari sinar inframerah Ini diaktifkan di IVU, yang dapat berisi semua informasi.

Bankit Adi Wiguna

Baca lebih lajut: BPJT menerapkan pembayaran tol berbasis MLFF, apa maksudnya?



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Teknologi pembayaran tol otomatis terlepas dari penggunaan GNSS

Dari Situs Fikrirasy ID