Sumber tidak ada di peta, gempa susulan di Laut Flores hampir 100 kali

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Hingga artikel ini ditulis, sudah tercatat sebanyak 97 kali. gempa bumi Pada Selasa, 14 Desember 2021, terjadi gempa susulan setelah gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Laut Flores. Gempa besar terjadi pada pukul 10.20 WIB dan mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk beberapa wilayah di NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. .

Menurut Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami, episentrum gempa M7.4, 113 kilometer barat laut NTT Larantuka, baru saja diidentifikasi, Dariono BMKG. Daryono memberikan informasi melalui akun media sosial Twitter dengan melampirkan peta sumber gempa yang diketahui untuk wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB.

“Tampaknya episentrum gempa hari ini tidak tertera di peta karena episentrum gempa M7.4 tidak berada di jalur sesar aktif,” ujarnya.

Menurut Daryono, gempa Laut Flores hari ini merupakan pengingat bahwa masih ada gempa bumi yang kuat (kuat) yang dipicu oleh sumber yang tidak diketahui. “Masih banyak penyebab gempa sesar aktif yang dapat menimbulkan gempa kuat yang belum teridentifikasi dan terpetakan,” ujarnya.

Berdasarkan data website BMKG, gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 5.0 atau lebih besar terjadi pada pukul WIB 10:41, 10:47, 12:46, 15:31, dan 15:57. Semua kecuali 2 km terakhir, 12 km dan 97 km diukur pada kedalaman 10 km.

Baca Juga:  Bocoran Temukan Oppo X Generasi Terbaru, Dapatkan Chipset Premium Ini

Peta sebaran potensi tsunami pascagempa M7.4 di Laut Flores di NTT pada pukul 10:20 WIB pada Selasa, 14 Desember 2021. Peta ini dibuat oleh BMKG dengan kenaikan muka air laut maksimum 0-0,5 meter. (ANTARA/HO-BMKG/uyu)

Berbeda dengan gempa utama, semua gempa susulan dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Peringatan dini yang dipicu oleh gempa bumi besar itu berakhir pagi ini ketika terdeteksi kenaikan permukaan laut sebesar 0,07 meter di Maroko dan Leo di Flores pada siang hari.

Baca lebih lajut:
WHO Maria Van Kerkhove: Mengatakan bahkan infeksi omicron ringan pun sangat berbahaya


selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sumber tidak ada di peta, gempa susulan di Laut Flores hampir 100 kali

Dari Situs Fikrirasy ID