Ulasan OPPO A76 | Daripada hanya menyediakan SuperVOOC

oposisi a76

tabloid pulsar.id – OPPO pertama di tahun 2022 adalah seri OPPO A dengan beberapa fitur premium. Dinamakan A76, ini adalah ponsel pertama OPPO yang menampilkan chipset baru Qualcomm, Snapdragon 680, dan mendukung baterai besar serta pengisian daya SuperVOOC 33W.

Ada banyak hal yang bisa dibahas di OPPO A76. Dari hal-hal kecil seperti desain penutup belakang hingga spesifikasi chipset yang memengaruhi daya tahan baterai dan banyak hal baru yang pertama kali muncul di ponsel OPPO seri Kelas A.

harga: 3.399.000 rupiah
pemilihan warna: Cahaya Biru, Cahaya Hitam
Paket penjualan: Perangkat OPPO A76, Kabel Data Kapasitas Tinggi USB Type-C, Adaptor SuperVOOC 33W, Casing Silikon, Pin Ejector, Manual, Kartu Garansi

spesifikasi:

Dimensi dan berat (mm & gram) 164,4 x 75,7 x 8,4 mm/189 gram
SIM dan Jaringan Dual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem operasi (OS) ColorOS 11.1 berdasarkan Android 11
Penyimpanan eksternal yang didukung Ya, kartu MicroSD
Layar Inci – Jenis Layar 6,56 inci, ~89,9% rasio layar-ke-tubuh, 1612 x 720 piksel, IPS LCD, 90 Hz, kecerahan maksimum 600 nits
Prosesor/CPU Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) octa-core (4×2.4GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM dan penyimpanan internal RAM 6GB / ROM 128GB
Kamera (MP/Fungsi) belakang/depan belakang ganda: 13MP f/2.2 kamera utama 2MP f/2.4 depth of field video: [email protected] depan tunggal: Video 8MP f/2.0: [email protected]
Jenis baterai (tipe) Li-Po 5000mAh (tidak dapat dilepas), SuperVOOC 33W

Ciri:

baterai yang dapat dilepas bukan Sidik jari ya
multi-sentuh ya kamera depan ganda bukan
SIM ganda ya memori eksternal ya
3G HSDPA ya giroskop ya
4G LTE ya pengeras Fikrirasy.ID stereo ya
5G Siap bukan Perekaman video 4K bukan
NFC bukan pemutar video ya
USB saat bepergian ya pemutar musik ya
GPS ya 3.5 port audio ya

tambah kurang

Keuntungan kekurangan
* Seri A pertama yang menawarkan SuperVOOC 33W
* Chipset 6nm dengan efisiensi yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya
* Built-in Snapdragon 680 chipset triple ISP untuk hasil kamera yang lebih baik
* Baterai berkapasitas besar 5000mAh
* Ekspansi RAM dan ROM
* Layar 90Hz, lebih nyaman untuk menonton umpan media sosial
*Desain tipis dan anti gores namun tetap terlihat berkilau
* Resolusi yang ditampilkan di layar masih sebatas HD+.
* Perangkat lunak kamera dapat ditingkatkan agar tidak berbeda secara signifikan dari seri lainnya.

Kembali Membawa Oppo Glow
Setelah sukses dengan OPPO A95, desain back cover yang tahan sidik jari juga kembali diterapkan pada OPPO A76 dengan tahan gores dan menyerap panas di dalam ruangan. Desain cover belakang yang dijuluki OPPO Glow terlihat menggoda, dengan shimmer dan gradasi warna, namun anti slip dan tahan sidik jari tidak peduli seberapa berkeringat tangan Anda.

Permukaannya tidak sekasar amplas, namun memiliki tekstur yang sedikit. Ini juga terbukti tahan gores bahkan jika Anda memasukkannya ke dalam saku kunci sepeda motor dan koin Anda.

Ini adalah screensaver yang menunjukkan banyak goresan dalam kondisi ini. Tapi ini adalah solusi yang mudah. Cukup ganti perangkat pelindung goresan. Jika Anda beruntung dengan program tertentu, Anda bisa mendapatkan pengganti anti gores ini secara gratis di pusat layanan OPPO terdekat.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan OPPO. Ini termasuk Glowing Blue dan Glowing Black yang saat ini sedang ditinjau. Keduanya dilapisi dengan cat bertekstur sangat halus untuk menciptakan efek shimmery yang terlihat mengkilat dan menghasilkan warna yang indah saat terkena cahaya dari sudut yang berbeda.

Ponsel ini sendiri berbentuk kartu candy bar memanjang seperti ponsel Android kebanyakan, namun sentuhannya terasa seperti OPPO. Sudut-sudutnya yang tipis dan membulat miring ke arah layar, sehingga mudah digunakan dengan satu tangan dan nyaman digunakan selama berjam-jam.

Sensor sidik jari ditempatkan di sisi kanan bersama dengan tombol power, membuatnya setipis mungkin sambil membawa baterai berkapasitas besar.

Ponsel ini masih memiliki jack audio 3.5mm, dengan port USB Type-C dan speaker di bagian bawah. Sementara itu, desain kamera belakang sama uniknya dengan kompor listrik induksi, menyediakan ruang untuk dua lensa dalam lingkaran yang sama di atas permukaan hitam. Kamera depan dibuat dengan desain punch-hole, tetapi meminjam sedikit area dari layar, sehingga tidak terlalu memengaruhi bidang pandang yang luas.

Ada 2 otentikasi berbeda untuk ponsel ini. Itu berarti IP5X tahan debu dan IPX4 tahan percikan ke segala arah.

Tonton media sosial dengan lebih nyaman di layar 90Hz
OPPO A76 memiliki layar berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ atau sekira 1612 x 720 piksel. Ini bukan resolusi terbaik, tetapi masih dapat menampilkan gambar yang tampak solid pada ukuran layar ini.

Yang menarik, layar A76 mendukung refresh rate 90Hz. Ini cukup mewah dibandingkan dengan layar ponsel standar 60Hz. Namun, sebagian besar kecepatan refresh ini dioptimalkan untuk melihat umpan media sosial. Pada saat penulisan ini adalah: Dan aplikasi yang didukung secara native secara otomatis menyesuaikan kecepatan refresh maksimum layar, kecuali jika disetel ke 60Hz default untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan.

Masih tetap menggunakan ColorOS 11.1
Dilihat dari spesifikasi hardwarenya, sebenarnya tidak ada alasan bagi OPPO A76 untuk tetap menggunakan ColorOS 11.1. Namun, mengingat Android 11, yang menjadi dasar pengembangan ColorOS 11.1, masih menjadi OS Android dengan pengguna terbanyak hingga saat ini, masuk akal untuk mengambil jalan ini.

ColorOS 11.1 mampu menangani daya dengan baik, melakukan efisiensi dan mengontrol penggunaan daya. Ini juga menyediakan manajemen hemat daya ketika kapasitas baterai mencapai tingkat tertentu, memungkinkan ponsel bertahan lebih lama dari yang diperlukan.

Tentu saja, salah satu yang menarik adalah ekspansi RAM. Tempat dimana pengguna dapat menambah jumlah RAM untuk sementara dengan meminjam dari ROM saat dibutuhkan.

Untuk pasar Indonesia juga ada ekstensi ROM. Kemampuan kartu MicroSD untuk menyimpan aplikasi dan data sistem seolah-olah ditambahkan ke memori internal.

Snapdragon 680 dari fabrikasi 6nm
OPPO A76 mengusung chipset 4G baru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 680. Menawarkan prosesor 8-core yang dikonfigurasi dengan dua cluster besar.LITTLE. Setiap cluster terdiri dari 4 core hingga 2.4GHz.

Dari segi konfigurasi CPU dan GPU, terlihat tidak terlalu istimewa karena menggunakan kombinasi Cortex A73, A55, dan Adreno 610. Namun yang menarik adalah proses manufaktur terbaru untuk 6nm.

Manufaktur semacam ini membuat prosesor sangat efisien dalam hal konsumsi daya, dimulai dengan inti dan membuat baterai bertahan lebih lama. Karena transistor menjadi jauh lebih kecil pada 6nm, produsen chipset juga dapat menambahkan fitur baru ke sistem chip mereka. Dan salah satu fitur yang ada di SD 680 adalah triple ISP Spectra 346 lengkap dengan AI Enhanced Low-Light Capture.

Triple ISP akan lebih ditingkatkan dengan mempengaruhi kemampuan chipset untuk menangani bidikan kamera ponsel. Proses penggabungan data gambar dan warna menjadi sebuah foto yang mungkin akan lebih cepat, dan bahkan jika ada proses peningkatan gambar melalui fungsi AI, chipset akan dapat melakukannya dengan lebih akurat.

Sebenarnya saya tidak punya masalah bermain game. Mainkan game populer seperti Mobile Legend dan FreeFire dengan lancar di ponsel Anda. Performa multitasking berjalan lancar meski dengan penambahan ekspansi RAM hingga 6GB RAM. Yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan pengaturan game Anda agar tidak terlalu presisi untuk mendapatkan frame rate yang mulus dan stabil.

Ini biasanya berarti bahwa meskipun penggunaan chipset ini untuk efisiensi daya yang lebih tinggi, chipset ini masih dapat digunakan untuk fungsi lain, termasuk bermain game.

Baterai 5000mAH + 33W SuperVOOC
Desain anti gores, chipset konsumsi daya yang efisien, baterai 5000mAh berkapasitas besar, dan kemampuan pengisian cepat 33W yang unik dari OPPO menjadikannya kombinasi sempurna bagi mereka yang berada di luar ruangan yang tidak ingin ketinggalan berita dan tren terbaru.

OPPO A76 adalah gerbang pertama untuk teknologi SuperVOOC yang hadir di perangkat OPPO untuk segmen yang lebih rendah dari sebelumnya. Terlepas dari modifikasi, fakta bahwa SuperVOOC sekarang tersedia dalam produk seri-A dan kapasitas baterai yang lebih besar cukup menjanjikan.

Menggunakan teknologi dari ekosistem yang menjamin keamanan pengisian cepat, OPPO A76 memiliki dua sel baterai yang diisi secara bersamaan, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan.

Adaptor pengisi daya dan kabel data internal memaksimalkan fungsi ini dan memastikan keamanan.

Kamera utama ganda 13MP + 2MP
Saat diperkenalkan dengan kamera dengan spesifikasi tersebut, Oppo sempat dilontarkan beberapa pertanyaan apakah resolusi kamera sebesar ini akan mencukupi. Kami memutuskan untuk mencobanya segera. Cuaca di Jakarta saat itu sedang mendung, sehingga pencahayaannya tidak maksimal.

Jadi saya dapat berbicara dengan lebih percaya diri tentang fitur kamera ponsel ini. Apalagi saat tiba di bagian night photography.

Kamera ponsel utama, biasanya di bagian belakang ponsel, dapat mengambil gambar yang cenderung tidak jenuh. Tidak terlalu mencolok, namun tetap menunjukkan warna aslinya. Terutama saat menggunakan mode foto normal dalam kondisi mendung yang sangat tinggi.

Ada kebisingan yang terlihat, terutama di area gelap. Namun, hal ini tidak terlalu menjadi masalah jika foto tersebut digunakan untuk posting di media sosial. aman.

Jika Anda masuk ke mode potret dan menemukan latar belakang yang kontras dengan objek foto, Anda bisa mendapatkan blur lembut pada latar belakang dengan pemisahan yang cukup akurat. Namun, di beberapa foto yang latar belakangnya sendiri kosong, seperti kursi berdasi, AI bekerja keras untuk memisahkan latar depan dari latar belakang. Tip kami, saat menggunakan ponsel Anda untuk mengambil potret, hindari latar belakang seperti ini.

Beralih ke mode fotografi malam dapat memberi Anda hasil yang menarik. Ini karena warna ditampilkan dengan sedikit sentuhan. Meningkatkan kejernihan warna sambil mempertahankan objek dan langit malam dengan luminositas warna yang dramatis.

Noise tetap ada, namun dengan teknik pengambilan gambar yang tepat dan sedikit pengeditan nilai bayangan, sangat minim dan foto malam hari terlihat mulus dan layak diposting di feed media sosial.

Di bagian depan terdapat kamera selfie 8MP. Dikombinasikan dengan beberapa fitur seperti penghilangan noda dan peningkatan kecerahan potret.

Hasil dari kamera ini dapat dilihat pada contoh berikut.

kesimpulan
OPPO A76 bisa tampil hebat di awal tahun 2022 dengan desain yang menarik dan sistem pengisian cepat SuperVOOC 33W yang baru saja hadir di kelasnya. Namun pada kenyataannya, OPPO membuat produk ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Entah itu hanya sekedar hobi atau sebenarnya kebutuhan profesional.

Dengan OPPO A76, Anda mendapatkan ponsel dengan daya tahan baterai yang lama berkat efisiensi chipset, dukungan ColorOS 11 dan baterai berkapasitas besar. Bahkan jika baterai habis, hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mengisi penuh sehingga banyak waktu yang tidak terbuang percuma. lucu!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan OPPO A76 | Daripada hanya menyediakan SuperVOOC

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Review Huawei Matebook 14s - Fikrirasy.ID