Persiapan Implementasi Mata Uang Digital, BI, dan Evaluasi Dua Opsi Penyebaran Rupiah Digital

Fikrirasy.ID – Bank Indonesia (BI) saat ini sedang mengkaji dua opsi distribusi rupiah digital untuk mempersiapkan negara dalam penerapan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Juda Agung, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, mengatakan dalam uji kesesuaian dan kepatutan calon wakil gubernur BI dengan Komite XI, “Ada dua pendekatan yang sedang dikaji BI. Selasa (30 November 2021) DPRD DKI Jakarta. .

Dia menjelaskan, pendekatan langsung berarti masyarakat, baik rumah maupun bisnis, akan bisa mendapatkan token Rupiah digital langsung dari BI.

Pendekatan tidak langsung dilakukan melalui dua tahap bank sentral mengedarkan rupiah digital melalui bank, namun masyarakat dapat membelinya dari bank.

Baca juga:
Bos BI Jelaskan Risiko Dampak Ekonomi 2022

“Saya kira yang kedua ini lebih tepat karena seperti uang kertas dan koin yang beredar seperti sekarang,” ujarnya.

Ia menilai, penerbitan rupiah digital saat ini sangat penting untuk menjaga kedaulatan mata uang nasional, meningkatkan jumlah transaksi digital, menjaga efektivitas kebijakan moneter bank sentral, menjaga stabilitas sistem keuangan, dan mendorong inklusi keuangan. .

Menurut survei, 60% dari bank sentral dunia sudah mempertimbangkan untuk menerapkan CBDC, dan 14% dari bank sentral tersebut sudah memulainya.

Meski demikian, Judah menegaskan, penggunaan uang rupiah digital tidak akan sepenuhnya menggantikan uang kertas dan uang kertas logam, sehingga penerapannya akan ditiadakan, sebesar 20% dari uang beredar.

“Ini menghindari risiko seperti pemadaman listrik. Kalau semuanya digital, risikonya bisa besar. Jadi tetap harus punya uang kertas dan koin, dan bagian itu dilakukan secara bertahap,” pungkasnya. [Antara]

Baca juga:
Legislator desak BI jaga inflasi dan stabilisasi rupiah

Baca Juga:  Catu daya: definisi, fungsi, komponen, bermacam-macam



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Persiapan Implementasi Mata Uang Digital, BI, dan Evaluasi Dua Opsi Penyebaran Rupiah Digital

Dari Situs Fikrirasy ID