Unpad mengusulkan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional.

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk Mochtar Kusumaatmadja yang meninggal pada 6 Juni 2021. Proses saat ini adalah mengumpulkan file, dan hasilnya akan diserahkan ke gubernur Barat. Jawa. Senin 13 Desember 2021 “Targetnya akhir Januari,” kata Idris, Ketua Tim Proposal dan Dekan FH Unpad.

Sejalan dengan pengumuman Deklarasi Djuanda 64 tahun lalu, tim pengusul menggelar seminar nasional ‘Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional’ pada Senin 13 Desember 2021 sebagai syarat usul. Dari tim pengusul dan pembicara yang hadir terbatas secara online dan offline di kampus Unpad Bandung, Mochtar disebut-sebut berperan dalam pencanangan penyatuan laut dan darat Indonesia menjadi negara kepulauan.

Menurut Idris, secara undang-undang, syarat penyelenggaraan seminar harus ada perwakilan dari Kementerian Sosial. Semula, acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan. Namun karena kesibukan para pejabat saat itu, akhirnya digelar pada bulan ini. “Ada empat dokumen yang akan menjadi lampiran utama arsip pahlawan Mochtar Kusumaatmadja,” kata Idris.

Sebelumnya, pada tahun 2002 Perdana Menteri pertama Unpad Iwa Kusumasumantri dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Selain itu, mantan Perdana Menteri Djuanda Kartawidjaja dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Jawa Barat. Idris mengatakan, “Djuanda dan Mochtar Kusumaatmadja berada di jalur yang sama (usulan Pahlawan Nasional), jadi saya ingin presiden menandatangani sendiri.”

Baca Juga:  RRQ Dina Nisrina, gadis cantik dengan wajah seperti lemon

Menurutnya, saat ini 200 orang telah memberikan dukungan penuh untuk memperkuat Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan nasional. Seminar tersebut juga memaparkan peran dan peran Mochtar serta kegiatan diplomasinya selama menjabat berbagai menteri di masa Orde Baru. Perdana Menteri Unpad Rina Indiastuti mengatakan: “Mochtar Kusumaatmadja memiliki banyak karakter yang akan menjadi pahlawan nasional.

Diplomat Mochtar Kusumaatmadja dikenal cerdas dan pandai memecahkan kebekuan dalam negosiasi. Padahal, menurut Nugroho Wisnumurti, yang menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk PBB dari 1992-1997, Mochtar bukanlah diplomat profesional. “Tapi sikap dan kemampuan diplomatiknya luar biasa. Dalam negosiasi, dia bisa membangun rasa otoritas.”

Ia mencontohkan ide Mochtar untuk mengambil pendekatan informal dengan: Pesta koktil. Acara ini merupakan upaya untuk menengahi dan menyelesaikan sengketa Kamboja pada tahun 1978. Menurut Makarim Wibisono, Duta Besar Indonesia untuk PBB 2004-2007, upaya diplomasi tersebut patut mendapat kompensasi. “Pahlawan nasional tidak bisa hanya berjuang untuk kebaikan Indonesia melalui perang,” katanya.

Mochtar Kusumaatmadja adalah pria kelahiran 17 Februari 1929 di Batavia. Ia pernah menjadi Menteri Kehakiman pada Kabinet Pembangunan II tahun 1974-1978 dan Menteri Luar Negeri pada Kabinet Pembangunan III dan IV tahun 1978-1988.

Baca lebih lajut:
Kemendikbudristek Umumkan Universitas yang Dianugerahi Peringkat Pengajaran Online Terbaik


selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Unpad mengusulkan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional.

Dari Situs Fikrirasy ID